Sering Telat Makan? Hati-Hati 5 Dampak Buruk Ini

Sering Telat Makan? Hati-Hati 5 Dampak Buruk Ini
Telat makan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. (Shutterstock)

Sering dianggap sepele, telat makan rupanya dapat berakibat buruk bagi tubuhmu. Berbagai penyakit bisa timbul karena kamu melewatkan jam makan, Millens .

Inibaru.id – Jadwal yang padat nggak jarang mengakibatkan waktu dan pola makan terganggu. Terlebih bila ada kegiatan berdurasi panjang yang memotong waktu makan, pastilah kamu bakal telat makan atau bahkan nggak makan sama sekali.

Kebiasaan itu memang wajar terjadi di kalangan mereka yang supersibuk. Namun, telat makan seperti itu nggak baik, lo. Telat makan bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Berikut ulasannya.

Metabolisme Menurun

Metabolisme yang menurun dapat membuat tubuh mudah lelah. (Journal.sociolla)

Secara umum, kalori yang ada di dalam tubuh akan dibakar lalu diubah menjadi energi dalam sistem metabolisme. Nah, karena itulah tingkat metabolisme dipengaruhi asupan kalori yang kamu konsumsi.

Kalau kamu telat makan, metabolisme tubuhmu akan ikut melambat agar kalori dalam tubuh bisa dibakar dalam waktu yang lama. Kamu pun bakal merasa kurang bertenaga sehingga dapat mengganggu aktivitas lainnya.

Bau Mulut

Telat makan menyebabkan mulut dipenuhi bakteri penyebab bau mulut. (MediMetry)

Telat makan bisa membuat produksi air liurmu berkurang. Kalau kadar air liur berkurang, mulut menjadi kering dan banyak bakteri berkembang biak di sana. Bakteri itulah yang menyebabkan bau mulut. Duh, bakal mengganggu penampilan dan kepercayaan diri nih.

Stres

Telat makan berpotensi mengakibatkan stres. (Shutterstock)

Saat kamu melewatkan waktu makan, tubuh butuh lebih banyak energi untuk menjaga kelangsungan kerja organ lain. Jika terlalu sering, hal itu bisa menyebabkanmu stres. Dalam jangka panjang, stres juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti gangguan jantung, hipertensi, depresi, dan diabetes.

Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi lambung dapat ditandai dengan beberapa gejala. (ThinkStock)

Hellosehat.com (11/9/2017) menulis, telat makan bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti sindrom iritasi usus. Gejala penyakit itu seperti kram dan nyeri perut, kembung, diare, dan sembelit. Kalau nggak segera ditangani, hal ini bisa berbahaya, Millens.

Tukak Lambung atau Radang Lambung

Tukak lambung atau radang lambung bisa disebabkan oleh telat makan. (Shutterstock)

Tukak lambung atau radang lambung adalah kondisi saat lambungmu terluka atau iritasi karena cairan asam dalam lambung. Hal itu ditandai dengan nyeri hebat hingga ke ulu hati setelah makan. Kalau dibiarkan, tukak lambung dapat berbahaya bagi tubuhmu, Millens.

Well, itu hanya beberapa contoh penyakit yang bisa saja timbul karena kebiasaan telat makan. Gimana, masih mau telat makan? (IB10/E04)