5 Ciri Ini Tunjukkan Seseorang Sedang Pendam Kesedihan

5 Ciri Ini Tunjukkan Seseorang Sedang Pendam Kesedihan
Ciri-ciri orang yang memendam kesedihan. (Freepik)

Setiap orang pernah merasa sedih. Sebagian mungkin menutupinya rapat-rapat. Meski ditutupi, kamu bisa kok mengetahui seseorang sedang sedih dengan melihat ciri-ciri ini. 

Inibaru.id - Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi kesedihannya. Ada menghadapi kesedihan dengan menangis, bercerita, atau sebaliknya; menyembunyikannya. Memang, nggak semua orang bisa menghadapi masalah atau kesedihan dengan mudah.

Walaupun terlihat baik-baik saja, bukan berarti seseorang nggak ada masalah. Bisa saja mereka sedang menyembunyikan kesedihan.

Nah, berikut ini beberapa tanda orang yang sedang menyembunyikan kesedihan.

Kalau kamu merasa orang di sekitarmu menunjukkan ciri-ciri berikut ini, sangat mungkin mereka sedang menyembunyikan rasa sedihnya.

1. Banyak Diam

Pasti ada yang nggak beres jika orang yang biasanya cerewet dan ceria, tiba-tiba jadi pendiam dan murung.

Ini bisa jadi tanda bahwa mereka sedang memikirkan sesuatu atau menyembunyikan kesedihan. Mungkin dia nggak mau orang lain mengetahui persoalannya atau permasalahannya terlalu rumit untuk dibicarakan dengan orang lain.

2. Tertawanya Dipaksakan

Memaksakan diri tertawa bisa jadi tanda orang yang sedang sedih. (Freepik)
Memaksakan diri tertawa bisa jadi tanda orang yang sedang sedih. (Freepik)

Orang yang menyembunyikan kesedihannya bisa dilihat dari ekspresinya yang dibuat-buat. Dari luar tertawa sih, tapi matanya nggak bisa bohong kalau sedih.

Terkadang, mereka berpura-pura dengan lebih mengeraskan suara tertawanya dari biasanya.

3. Tiba-tiba Marah Tanpa Alasan

Rasa kecewa terhadap masalah terkadang membuat perasaannya jadi nggak nyaman dan ingin marah-marah. Seseorang yang sedang banyak pikiran biasanya akan melampiaskan kekesalannya pada hal lain.

Nggak jarang, kamu yang nggak ada kaitannya sama sekali dengan masalahnya kena getahnya. 

Apalagi jika nggak bisa mengendalikan emosi, konflik yang baru pun terjadi.

4. Menarik Diri

Banyak orang yang sedih memilih tidur. (Freepik)
Banyak orang yang sedih memilih tidur. (Freepik)

Berpura-pura baik-baik saja tentu nggak gampang. Mereka yang nggak sanggup melakukannya mungkin akan lebih memilih menarik diri.

Mereka juga mungkin berpikir jika nggak ada yang bisa memahaminya sehingga menyendiri adalah solusi. Jadi, jangan heran jika orang yang sedang sedih hobi tidur atau suka lama di kamar mandi.

5. Nggak Fokus saat Bicara

Kalau orang yang lagi banyak masalah diajak bicara mereka biasanya nggak fokus. Mereka sedang merasa tertekan dengan masalahnya dan terus-terusan ada di pikiran.

Mereka akan sering nggak nyambung ketika diajak bicara. Ini karena hati dan pikiran mereka nggak sejalan.

Kesedihan itu memang hal wajar, tapi jangan sampai berlarut-larut. Karena itu, kalau kamu menemukan ciri-ciri di atas pada orang-orang yang kamu kasihi, pastikan kamu selalu ada untuk mereka. Sepakat, Millens? (Fim/IB21/E07)