5 Cerita Rakyat Populer Ini Jadi Teman Akrabmu Semasa Kecil

Kamu termasuk orang suka didongengi waktu kecil? Masih ingat nggak dengan dongeng-dongeng nusantara berikut ini?

5 Cerita Rakyat Populer Ini Jadi Teman Akrabmu Semasa Kecil
Cerita rakyat Malin Kundang, menceritakan anak durhaka yang dihukum menjadi batu. (penuliscilik.com)

Inibaru.id - Dongeng menjadi sarana yang baik untuk membentuk kepribadian. Itu yang lantas menjadi alasan budaya mendongeng untuk anak harus tetap dipertahankan. Kamu masih ingat nggak dongeng nusantara yang sering kamu dengar waktu kecil? Yuk ah segarkan ingatanmu dengan cerita-cerita di bawah ini.

Malin Kundang

Cerita rakyat yang satu ini sering menjadi senjata ampuh bagi ibu-ibu untuk mengatasi anak yang bandel. Malin Kundang dikisahkan dikutuk oleh ibunya karena durhaka. Masyarakat di Sumatera Barat, tempat cerita rakyat ini berasal, sering mengaitkan kisah ini dengan batu-batu yang menyerupai malin kundang di Pantai Air Manis.

Roro Jongrang

Candi Prambanan dan Patung Roro Jongrang di Jogjakarta punya kaitan erat dengan cerita rakyat yang satu ini. Roro Jonggrang dikutuk menjadi batu oleh Bandung Bondowoso karena telah mengelabuinya saat membuat 1000 candi. Saat ini Candi Prambanan menjadi tempat wisata populer yang masih lekat dengan cerita ini.

Timun Mas

Dikisahkan seorang janda yang sudah lama menginginkan seorang anak. Akhirnya dia membuat perjanjian dengan raksasa yang mampu memberinya anak dari sebuah timun berwarna emas. Namun dia harus menyerahkan anak tersebut pada raksasa ketika usianya menginjak 16 tahun. Di akhir cerita, Timun Mas harus berjibaku melawan raksasa agar bisa lolos.

Sangkuriang

Siapa pernah berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu? Tempat ini sering dikaitkan dengan cerita Sangkuriang. Seorang anak laki-laki yang jatuh cinta kepada ibu kandungnya setelah lama berkelana. Dayang Sumbi, ibu Sangkuriang, memberikan syarat agar dia dibuatkan sampan besar dan membendung Sungai Citarum. Dayang Sumbi yang akhirnya tetap menolak Sangkuriang akhirnya membuat Sangkuriang murka dan menendang sampan besar hingga terbalik yang dipercaya menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Saking populernya, cerita rakyat yang satu ini sampai dibuatkan serial di televisi. Bawang Merah dan Bawang Putih digambarkan sebagai dua pribadi yang berbeda. Bawah Merah adalah gadis sombong, pemarah dan pendengki sedangkan Bawang Putih seorang penyabar, baik hati, rajin, dan jujur. Cerita rakyat ini konon berasal dari Riau.

Wah jadi kangen masa kecil ya kalau baca cerita rakyat di atas. Cerita rakyat mana yang jadi favoritmu Millens? (IB27/E05)