Tempuh Jarak Ratusan Kilometer hingga Menginap di KBRI, Ini Cerita Pemilu 2019 di Luar Negeri

Nggak hanya warga Indonesia di Tanah Air, para diaspora yang ada di luar negeri pun antusias menyambut Pemilu 2019. Mereka mengemas Pemilu kali ini dengan beragam konsep unik. Berikut beberapa di antaranya.

Tempuh Jarak Ratusan Kilometer hingga Menginap di KBRI, Ini Cerita Pemilu 2019 di Luar Negeri
Pemilu di KBRI Zabreg, Kroasia. (KBRI Zabreg)

Inibaru.id – Pada 17 April nanti, seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) akan merayakan puncak pesta demokrasi. Namun, para WNI yang ada di luar negeri sudah mulai melakukan pencoblosan pada 8-14 April, Millens. Ini karena kebijakan early voting dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diberikan kepada para diaspora.

WNI di luar negeri nggak kalah antusias dalam menyambut Pemilu 2019. Beragam cerita mulai dari TPS unik hingga perjuangan WNI yang menempuh puluhan kilometer untuk mencoblos jadi daya tarik tersendiri. Berikut lima cerita di antaranya.

Menginap di KBRI Buenos Aires, Argentina

Ilustrasi suasana pemilihan. (KBRI Buenos Aires)

Sejumlah WNI yang tinggal cukup jauh dari ibu kota Buenos Aires, Argentina rela berangkat sehari sebelumnya untuk menyuarakan hak pilih. Mereka pun menginap di KBRI Buenos Aires dan mencoblos keesokan harinya di lokasi yang sama.

Suasana Vintage di TPS Islamabad

Nuansa vintage di TPS Islamabad. (KBRI Islamabad)

Di Islamabad, Pakistan, Pemilu 2019 diselenggarakan dalam balutan tema vintage. Hal itu dikarenakan mayoritas pemilih adalah mahasiswa seperti ditulis laman Medcom, Senin (15/4/2019). Nuansa vintage tampak dari pakaian yang dikenakan panitia penyelenggara.

Menempuh Jarak Ratusan Kilometer di Belanda

Hasil gambar untuk pemilu di den haag

Pemilu di Den Haag, Belanda. (PPLN Den Haag)

Karina Andjani (28) seorang WNI sekaligus pianis Indonesia yang tinggal di Belanda harus menempuh jarak ratusan kilometer untuk ikut Pemilu 2019. Dia menempuh jarak sekitar 107,5 kilometer menuju TPS yang merupakan satu-satunya di Den Haag seperti ditulis laman Brilio, Senin (15/4/2019).

Antre 2 Kilometer di Singapura

Antrean WNI di TPS Singapura. (Liputan6)

Antusiasme WNI yang tinggal di Singapura tergambar dari ramainya TPS di KBRI Singapura. Para pemilih bahkan rela mengantre hingga 2 kilometer demi menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019.

Bakso, Siomay, dan Dangdut di KBRI Kroasia

Sajian kuliner khas Indonesia meriahkan Pemilu di luar negeri. (KBRI Kroasia)

Pesta demokrasi di Kroasia semakin semarak dengan sajian bakso dan siomay untuk para pemilih. Nggak hanya itu, alunan musik dangdut pun ikut memeriahkan suasana pemilihan. Hal itu pasti semakin mengingatkan pada kampung halaman, ya!

Nah Millens, WNI di luar negeri saja sangat antusias untuk memberikan hak pilihnya, lo. Jangan lupa berikan suaramu pada 17 April 2019 nanti, ya! (IB10/E04)