5 Cara Menyimpan Cabai Agar Tetap Awet

5 Cara Menyimpan Cabai Agar Tetap Awet
Cara menyimpan cabai agar awet. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Meski disimpan dalam lemari pendingin, namun kamu masih saja menemukan cabaimu membusuk dalam waktu yang singkat? Mungkin ada kesalahan dalam penyimpanannya. Coba deh ikuti tips di bawah ini!

Inibaru.id – Cabai jadi salah satu pelengkap dari masakan-masakan Nusantara. Bahkan beberapa tahun belakangan ini, tren makanan superpedas tengah naik daun. Mulai dari baso, makaroni, hingga seblak banyak aneka makanan yang dibuat bermandikan cabai.

Nah kamu sebagai pencinta pedas, bukan nggak mungkin kamu membeli cabai dalam jumlah banyak untuk stok. Apalagi seperti saat ini saat harganya melonjak. Pasti di setiap buahnya kamu irit-irit dalam penggunaanya!

Cara Menyimpan Cabai Agar Nggak Cepat Busuk

Tapi gimana sih cara menyimpan cabai agar nggak gamang busuk?

1. Waktu Pemetikan

Waktu terbaik emmetik cabai adalah pada pagi hari. (Republika)
Waktu terbaik emmetik cabai adalah pada pagi hari. (Republika)

Kalau kamu punya pohon cabai sendiri, panenlah cabai pada waktu pagi hari agar bobotnya maksimal. Hal ini juga dapat mencegah cabai dari kontaminasi organisme pembusuk. Petik dengan cara memelintir pangkal tangkai cabai. Hati-hati agar nggak menyebabkan kerusakan pada ranting atau cabainya ya!

2. Jangan Cuci Cabai

Langsung simpan cabai tanpa mencucinya. (Healthy magazine)
Langsung simpan cabai tanpa mencucinya. (Healthy magazine)

Sebelum menyimpannya ke lemari pendingin, pisahkan cabai segar dari cabai yang busuk. Kamu juga nggak dianjurkan untuk mencuci cabai agar cabai tetap segar ketika disimpan. Air yang terdapat di permukaan cabai dapat menyebabkan kelembapan yang memicu pembusukan.

3. Simpan dengan Benar

Lapisi kontainer dengan kertas. (Fimela)
Lapisi kontainer dengan kertas. (Fimela)

Kamu nggak bisa meletakkannya begitu saja. Lapisi bagian dalam kontainer dengan kertas atau koran bekas dan letakkan cabe di atasnya. Kemudian tutup rapat kotak kontainer sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Hal ini efektif untuk mencegah pembusukan lo.

4. Simpan di Lemari Pendingin

Simpan cabai dalam kulkas. (iStockphoto)
Simpan cabai dalam kulkas. (iStockphoto)

Cabai yang disimpan di suhu ruangan hanya bisa bertahan dua hari dan lebih pendek jika suhu udara lembab. Namun jika disimpan di kulkas, cabai bisa tahan hingga enam hari. Eits, syaratnya yaitu dengan mengatur suhu kulkas stabil di angka lima derajat celcius. Hal ini akan meminimalisasi penguapan pada cabai yang dapat menyebabkan pembusukan, Millens!

5. Simpan Terpisah

Pisahkan dari berbagai <i>dairy products</i>. (Gettyimages)
Pisahkan dari berbagai dairy products. (Gettyimages)

Kamu nggak dianjurkan untuk mencampur cabai dengan bahan lain di dalam kulkas. Pun saat menyimpannya, jauhkan cabai dari dairy product seperti telur, susu, dan keju. Ya, produk lain bisa menyerap aroma cabai dengan kuat. Kamu nggak mau kan susu favorit jadi bau cabai?

Nah itulah cara menyimpan cabai supaya awet. Kamu mau mencobanya, Millens? (Kom/IB27/E05)