5 Cara Mengontrol Rasa 'Insecure' saat Pasangan Terlalu Sibuk

5 Cara Mengontrol Rasa 'Insecure' saat Pasangan Terlalu Sibuk
Cinta boleh, buta jangan. (Shutterstock)

Insecure saat sedang nggak diprioritaskan pasangan? Jangan sampai sifat ini membuatmu menyesal ya. Yuk, kendalikan dengan cara-cara ini!

Inibaru.id – Pengin diprioritaskan dan diistimewakan oleh pasangan adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Tapi keinginan tersebut jarang bisa tercapai dalam sebuah hubungan.

Merasa nggak lagi diprioritaskan pasangan tentu membuat kamu merasa nggak berharga di hidupnya. Akibatnya, timbul rasa insecure yang membuat kamu minder. Hal ini nggak baik dalam sebuah hubungan. Sebab itu kamu perlu mengontrolnya dengan hal berikut.

1. Insecure Hanya Akan Merugikan Dirimu

Jangan mau rugi dalam bercinta. (Shutterstock)
Jangan mau rugi dalam bercinta. (Shutterstock)

Insecure hanya akan membuat kamu selalu dibayangi kecurigaan. Perasaan ini sangat membuat kamu tertekan dan nggak bisa tenang. Akan banyak sekali pertanyaan dalam dirimu tentang kekuranganmu yang membuat dia nggak lagi mementingkanmu.

Kamu hanya perlu tenang dan membicarakannya baik-baik agar dugaan-dugaanmu nggak selalu membayangi.

2. Positif Thinking

Selalu berpikir baik agar semuanya baik. (pixabay.com)
Selalu berpikir baik agar semuanya baik. (pixabay.com)

Saat kamu merasa insecure dengan pasangan yang bagimu sedang nggak memprioritaskanmu itu berarti kamu terlalu mengedepankan perasaan tanpa memikirkan dirinya.

Nah, kamu bisa mulai mengesampingkan dulu perasaan itu dan gunakan akal sehatmu dalam hubungan agar kamu nggak terus-terusan kecewa pada pasangan.

3. Komunikasi Lancar dengan Pasangan

Komunikasi adalah kunci utama. (Shutterstock)
Komunikasi adalah kunci utama. (Shutterstock)

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Bisa jadi rasa nggak diprioritaskan itu hanya perasaanmu saja. Dalam keadaan ini seharusnya kamu semakin dekat dengan doi. Jangan malah berjarak hingga nggak memberi kabar.

Eratkan kembali hubunganmu agar nggak ada jarak dan perasaan nggak diprioritaskan. Minimal jalin komunikasi rutin untuk kembali menghangatkan hubungan.

4. Jangan Hanya Fokus Pada Perilakunya

Jangan selalu mempedulikan perilaku cueknya. (Shutterstock)
Jangan selalu mempedulikan perilaku cueknya. (Shutterstock)

Jika kamu hanya fokus dengan perilakunya yang nggak lagi memprioritaskanmu, maka yang ada hanya sakit hati dan kecewa. Kamu perlu fokus dengan dirimu sendiri juga untuk memupuk kepercayaan diri agar dapat percaya bahwa dirimu juga berharga.

Jangan terlalu bucin. (instagram.com/isyahmaharas)
Jangan terlalu bucin. (instagram.com/isyahmaharas)

Selanjutnya kamu bisa fokus untuk memberikan perhatian kepadanya dan memberikan kasih sayang tanpa mengharapkan balasan. Karena ketulusan nggak butuh balasan.

5. Jangan Terlalu Dalam saat Mencintai Seseorang

Rasa kecewa hingga insecure muncul akibat perasaan yang terlalu dalam atas cintamu pada seseorang. Perasaan ini sangat nggak sehat hingga membuatmu merasa memiliki dia seutuhnya yang harus selalu membuatmu bahagia hingga menuruti semua keinginanmu.

Yups, saat ekspetasi nggak sesai dengan realita maka yang ada hanyalah rasa kecewa. Sangat penting buat kamu untuk mengurangi rasa memiliki pasangan agar hatimu tenang dan baik-baik saja.

Itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insecure pada pasangan saat kamu nggak diprioritaskan. Tetap tenang agar nggak menyesal saat mengambil sebuah keputusan. Jangan terlalu larut dalam kekecewaan ya, Millens. (IB30/E05)