5 Cara Jitu Menghindari Kebiasaan Ngaret

Istilah jam karet sudah sering terdengar di telinga kita. Lalu, bagaimana cara kita menyingkirkan kebiasaan buruk tersebut?

5 Cara Jitu Menghindari Kebiasaan Ngaret
Hilangkan kebiasaan ngaret. (nationalgeographic.co.id)

Inibaru.id – Di Indonesia, sudah menjadi hal yang lumrah jika terlambat hadir dari waktu yang sudah ditentukan. Saking terbiasanya, orang-orang nggak lagi malu untuk datang terlambat dan membiarkan orang lain menunggu. Padahal, kebiasaan ini bisa merugikan orang lain.

Selain itu, kebiasaan ngaret ini juga bisa menimbulkan kesan yang kurang baik untuk dirimu sendiri. Bisa-bisa, kamu dianggap nggak profesional karena memiliki kebiasaan terlambat. Dilansir dari beberapa sumber, kamu bisa mencoba cara-cara di bawah untuk mengurangi kebiasaan ngaretmu itu.

Membuat Jadwal

Untuk menghindari kebiasaan sering terlambat, alangkah baiknya kamu mengatur waktu. Salah satunya dengan cara membuat jadwal kegiatan setiap harinya. Jadwal ini berguna untuk mencegahmu datang terlambat karena semua acara sudah tersusun secara sistematis.

Dalam membuat jadwal, kamu juga harus memperhitungkan jarak perjalanan yang akan ditempuh dan memprediksi modal transportasi apa yang dipakai supaya nggak terjebak macet.

Pasang Alarm di Ponsel

Kaum milenial pasti nggak lepas dari ponsel. Nah, untuk memudahkanmu untuk mengingat jadwal yang sudah dibuat, alangkah baiknya bila kamu memasang alarm di ponsel sebagai pengingat setiap agenda. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif mencegah keterlambatan.

Persiapkan Diri

Alasan teknis seperti macet, kunci motor atau mobil hilang, dan makan dulu sering digunakan bila terlambat. Untuk mengatasinya, kamu mesti mempersiapkan diri termasuk hal-hal teknis sebelum menghadiri suatu kegiatan.

Datang Lebih Awal

Datang lebih awal sah-sah saja demi menciptakan kesan yang baik tentang dirimu di mata orang lain. Memang sih, kamu perlu sedikit pengorbanan untuk datang lebih dulu dan menunggu. Namun, kebiasaan ini bisa menimbulkan rasa nggak enak pada temanmu bila mereka datang telat.

Membuat Daftar Cek Setiap Hari

Poin terakhir ini membutuhkan konsistensi yang serius. Kamu perlu membuat daftar cek setiap hari untuk membantumu mengoordinasi setiap kegiatan yang dilakukan. Kamu bisa menulis, setelah melakukan A ingin melakukan B, lalu melakukan D setelah selesai dengan C. Tindakan ini dapat berdampak baik untuk mengubah kebiasaan burukmu yang suka terlambat.

Jangan berpikir terlambat adalah hal yang biasa. Dengan berpikir seperti itu, kamu membiarkan keterlambatan menjadi sebuah kebiasaan. Ubahlah pemikiran itu dengan mulai membiasakan diri datang tepat pada waktu yang sudah disepakati. Kebiasaan tepat waktu akan menunjukkan kalau kamu berkomitmen dan bisa dipercaya. Selamat mencoba, Millens. (IB24/E04)