Hilangkan Bau Mulut Selama Berpuasa dengan Cara-Cara Ini

Hilangkan Bau Mulut Selama Berpuasa dengan Cara-Cara Ini
Cara atasi bau mulut saat puasa. (Ffmores)

Bau mulut saat berpuasa memang bikin nggak percaya diri ya, Millens. Biar nggak menganggu kepercayaan dirimu, atasi dengan hal-hal berikut.

Inibaru.id – Saat berpuasa, mulut seseorang pasti berbau nggak sedap. Hal ini wajar terjadi karena selama puasa, nggak ada makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Cairan dalam tubuh pun berkurang sehingga mengakibatkan penumpukan bakteri di mulut yang memicu timbulnya halitosis (bau mulut).

Meski wajar terjadi, hal ini kerap mengganggu mereka yang berpuasa. Orang-orang biasanya nggak percaya diri karena bau mulut tersebut. Supaya kepercayaan dirimu bisa bangkit lagi, hal yang perlu dilakukan adalah mengatasi bau mulut itu, Millens.

Namun, sebelum menghilangkannya, kamu perlu tahu faktor-faktor penyebab bau mulut. Selain karena kondisi rongga mulut yang nggak bersih, bau mulut juga dapat terjadi karena tubuhmu kekurangan cairan.

Nah, untuk mengatasinya, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan.

Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur

Minum air putih. (Hellosehat)

Salah satu penyebab bau mulut saat berpuasa adalah kurangnya asupan cairan di tubuh. Padahal, cairan yang terbatas itu harus dibagikan secara merata ke seluruh tubuh. Inilah yang mengakibatkan berkurangnya saliva dalam mulut. Supaya hal itu nggak terjadi, hal yang perlu kamu lakukan adalah memperbanyak minum air putih saat sahur.

Hindari Makanan Berbau Tajam

Makanan berbau nggak sedap. (Soorah3.rssing)

Mengonsumsi makanan yang berbau tajam seperti jengkol, petai, durian, dan makanan yang mengandung banyak bawang saat sahur dapat meninggalkan bau nggak sedap selama berpuasa. Kamu juga nggak disarankan makan makanan berlemak, terlalu pedas, terlalu manis dan asin, serta minum minuman berkafein tinggi saat sahur.  

Makan Makanan Berserat

Makanan berserat. (Alodokter)

Selain harus menjaga asupan makanan, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur saat buka dan sahur. Makanan berserat dapat membantu sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, makanan berserat juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sikat Gigi Sebelum Tidur dan Setelah Sahur

Sikat gigi secara teratur. (Eyeni.info)

Menyikat gigi secara teratur akan membantu menghilangkan kotoran yang tertinggal di dalam mulut. Hal ini juga berlaku saat kamu berpuasa, Millens. Bila nggak dibersihkan secara rutin, kotoran-kotoran di mulut akan mengundang bakteri penyebab bau nggak sedap.

Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur. (Alodokter)

Selain sikat gigi dengan teratur, menggunakan obat kumur setelah sikat gigi juga bisa mencegah bau mulut berlebih. Obat kumur akan membantu membersihkan mulutmu secara tuntas.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi bau mulut. Selamat mencoba dan selamat berpuasa, ya! (IB07/E04)