5 Aturan Makan di Kerajaan Inggris yang Bikin Geleng-Geleng

5 Aturan Makan di Kerajaan Inggris yang Bikin Geleng-Geleng
Ada sederet peraturan kalau mau makan bersama ratu Inggris. (ABC via Okezone) 

Mungkin menjadi anggota kerajaan Inggris atau setidaknya dapat undangan makan malam  di sana menjadi impian yang indah. Tapi masihkah kamu menganggapnya indah dan menyenangkan jika tahu ada lima aturan makan ini? 

Inibaru.id – Kamu mungkin berpikir kalau menjadi anggota kerajaan Inggris pasti menyenangkan karena bisa hidup mewah dan selalu makan enak. Mungkin itu benar, tapi tetap saja ada segudang peraturan yang nggak boleh dilanggar termasuk kalau mau makan. Hm, apa saja ya?

1. No Bawang

Bisa dibilang kalau kerajaan Inggris nggak suka dengan bawang terutama bawang putih. Aroma bawang dinilai mengganggu dan menimbulkan kesan kurang baik ketika berbincang dengan orang lain. Tapi nggak selamanya bawang di-blacklist dari daftar bumbu kok.

Koki kerajaan hanya akan meniadakan bawang dari jamuan dengan sang ratu. Konon, Ratu Elizabeth II nggak suka bawang. Jadi nggak pengin mencium aromanya ketika mengobrol.

2. Cara Khusus Memakai Alat Makan

Semua hal dalam keluarga kerajaan Inggris diperhatikan dengan sangat mendetail. Ada aturan atau etika ketika menggunakan alat makan seperti garpu, sendok, dan pisau. Pisau dipegang tangan kanan, sementara garpu pada tangan kiri.

Kamu nggak boleh menancapkan garpu pada makanan dan harus meletakkannya di belakang makanan ketika memotongnya.

Posisi alat makan juga nggak boleh diletakkan sembarangan. Misalnya nih, ketika salah seorang anggota kerajaan harus pergi meninggalkan meja makan untuk sementara, alat makan harus diletakkan menyimpang. Kalau alat makan ditaruh di sudut bawah piring, artinya dia sudah selesai dan pelayan boleh membersihkan mejanya.

3. Stop Masak Ketika Ratu Datang ke Dapur

Semua kegiatan di dapur harus berhenti ketika ratu datang. (Royal UK via Detik)
Semua kegiatan di dapur harus berhenti ketika ratu datang. (Royal UK via Detik)

Nggak peduli jika ada kue yang hampir gosong dan harus segera dikeluarkan dari oven, semua koki dan pelayan harus berhenti melakukan aktivitasnya ketika ratu datang ke dapur. Semua kegiatan harus benar-benar berhenti. Duh, bikin deg-degan ya?

4. Berhenti Makan Ketika Ratu Selesai Makan

Walaupun makanan di piringmu masih penuh atau kamu punya rencana mencoba menu lain, ketika ratu sudah berhenti makan, kamu juga harus berhenti. Kabarnya, ada tombol khusus yang akan ditekan ratu untuk memberi aba-aba kepada pelayan untuk membersihkan meja.

Selain memencet tombol, ratu biasanya akan meletakkan tas tangan di atas meja. Begitu ratu melakukannya, semua tamu harus berhenti makan.

5. Aturan saat Jamuan Teh Sore

Afternoon tea atau jamuan teh sore bisa dibilang telah menjadi tradisi. Dalam jamuan inipun ada aturan yang nggak boleh dilanggar. Teh harus dimasukkan ke dalam cangkir kemudian ditambah susu dan diaduk bolak-balik.

Selama mengaduk, jangan sampai sendok menyentuh sisi cangkir dan menimbulkan suara yang mengganggu. Cangkir juga harus dipegang menggunakan ibu jari dan telunjuk. Sementara jari tengah digunakan untuk menahan posisi cangkir bagian bawah.

Nah, itu dia aturan-aturan nggak biasa soal makan di kerajaan Inggris. Menurutmu merepotkan apa menarik nih, Millens? (Boo/IB21/E03)