Lima Aplikasi Ini Surganya Para Pembaca Buku Digital

Lima Aplikasi Ini Surganya Para Pembaca Buku Digital
Buku digital. (Eldiario)

Buku digital kian diminati para pembaca. Kalau kamu termasuk pencinta buku digital, lima aplikasi ini sangat pas untuk kamu kunjungi.

Inibaru.id – Di zaman 4.0 ini, hampir semua lini sudah terdigitalisasi. Buku pun nggak terkecuali. Selain buku fisik, buku digital kian dicari para pembaca.

Nah, bagi kamu yang lebih nyaman membaca buku elektronik, coba deh unduh buku yang kamu inginkan di aplikasi-aplikasi ini.

iPusnas

Aplikasi iPusnas. (Ivoox)

Aplikasi besutan Perpustakaan Nasional di Indonesia ini memiliki banyak koleksi buku. Ada puluhan kategori buku yang tersedia di sana mulai dari buku kebudayaan, kesehatan, pendidikan, dan kuliner. Bahkan, novel populer yang  terkenal pun tersedia di aplikasi ini. Setiap hari, kamu dapat meminjam maksimal 3 buah buku untuk dibaca. Menarik banget, kan?

Wattpad

Aplikasi Wattpad. (Rogerpacker)

Kalau kamu penggemar novel, pasti sudah nggak asing lagi dengan aplikasi buatan negara Kanada ini. Yap, dengan Wattpad, kamu bisa membaca ribuan novel secara gratis. Genre novel itu mulai horor, romansa, hingga science fiction. Dengan aplikasi ini, kamu nggak hanya bisa membaca gratis, tetapi juga bisa menulis novel hasil karyamu sendiri. Banyak lo, penulis terkenal yang berawal dari menulis di Wattpad, kamu bisa jadi salah satunya.  

iJakarta

Aplikasi iJakarta. (Reandine)

Pada Oktober 2015, Pemerintah Provinsi Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang bernama iJakarta. Dalam aplikasi ini, kamu bisa menemukan beberapa karya dari penerbit besar seperti Gramedia, Mizan, Erlangga, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga memiliki kemiripan dengan iPusnas. Hanya saja, buku-buku yang ada di iJakarta bisa dipinjam dengan batas waktu selama 4 hari.

Novel Nusantara

Novel Nusantara. (Android.mi9)

Aplikasi selanjutnya adalah Novel Nusantara. Tampilan aplikasi ini sederhana dan akan sangat mudah digunakan. Di sini, kamu bisa menemukan koleksi novel dari penulis-penulis lokal pemula hingga yang sudah terkenal. Selain itu, aplikasi ini juga menerapkan level tertentu. Jika kamu sudah mencapai level tinggi, kamu bisa mendapatkan ‘martabak’. Eits, bukan makanan lo, tetapi semacam alat yang dapat digunakan untuk memberikan rating kepada para penulis yang kamu sukai.

Google Play Books

Aplikasi Google Play Books. (chrome.google)

Nah, aplikasi ini punya keunikan yang jarang kamu temukan pada aplikasi buku lainnya, yakni kamu nggak perlu repot membaca, cukup mendengarkan saja. Buku tersebut dapat dibacakan aplikasi. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi ini di Google Playstore. Meski beberapa buku berbayar, ada juga konten buku yang bisa dibaca secara cuma-cuma.

Itulah beberapa aplikasi yang menyediakan buku elektronik di ponsel. Wah, kelima aplikasi tersebut jadi surga tersendiri bagi para kutu buku nih! (IB07/E04)