5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Diri Sendiri

5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Diri Sendiri
Setiap orang perlu memaafkan diri sendiri. (Pixabay)

Kesalahan di masa lalu berpotensi membawa beban dan gangguan psikologis seseorang untuk hari depan. Namun jika berupaya untuk memaafkannya dan menjadikan pengalaman agar menjadi pribadi yang lebih baik, kesalahan itu bisa jadi pesan berharga.

Inibaru.id - Nggak ada di dunia ini orang yang luput dari berbuat salah. Terkadang, hal itulah yang membebani seseorang untuk maju menjalani hidup. Menyesal boleh, tapi memaafkan diri sendiri jauh lebih penting.

Nah, berikut ini adalah alasan untuk memaafkan diri sendiri yang telah menyakiti orang lain, entah itu disengaja maupun nggak.

1. Masa Lalu Nggak Bisa Diubah

Masa lalu nggak akan pernah bisa diubah, yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuatnya jadi pelajaran untuk hari ini dan hari depan. Mungkin kamu pernah salah namun bukan berarti kesalahan itu membuatmu menjadi pribadi yang buruk di masa sekarang. Hargai waktu yang diberikan Tuhan pada saat ini.

2. Jadikan Pelajaran

Buat semuanya menjadi pengalaman. Tanamkan pada dirimu dengan pengalaman itu, kamu nggak akan mengulanginya lagi di masa sekarang.

3. Jika Nggak Bisa Memaaafkan, Jadilah Pribadi yang Lebih Baik

Berdamai dengan diri sendiri memang nggak mudah. Namun bukan berarti kamu harus menjadi pribadi yang buruk karena ingin menghukum diri sendiri. Akan selalu ada kesempatan agar kamu menjadi lebih baik lagi.

4. Manusia Nggak Sempurna, Terimalah Kesalahan Dirimu di Masa Lalu

Kesalahan sebetulnya adalah hal yang lumrah dalam kehidupan. Dari  kesalahan yang telah dibuat tersebut lalu kemudian diperbaiki,diharapkan kamu akan banyak belajar dan jauh lebih dewasa daripada sebelumnya.

5. Orang Lain Sudah Memaafkan, Masa Kamu Nggak Bisa

Jika orang lain saja sudah bisa memaafkanmu seharusnya kamu pun juga harus bisa memaafkan dirimu sendiri. Lapangkan dadamu dan mulailah hidup baru yang lebih baik lagi.

Semua orang pasti pernah punya kesalahan di masa lalu ya, Millens. Yang harus dilakukan adalah menjadikannya pelajaran untuk pribadi yang jauh lebih baik lagi.(IB28/E05)