5 Alasan Kamu Nggak Bisa Mencintai Diri Sendiri

5 Alasan Kamu Nggak Bisa Mencintai Diri Sendiri
Mencintai diri sendiri itu penting. (Shutterstock/Yuryzap)

Beberapa orang bisa mencintai orang lain tapi selalu gagal mencintai diri sendiri. Padahal hal ini sangat penting sebelum kamu mencintai orang lain.

Inibaru.id – Belakangan ini banyak orang memperbincangkan self-love. Sebuah cara untuk mencintai diri sendiri, namun banyak dari mereka gagal melakukan itu. Meski sudah banyak ahli yang telah memberi tips tentang cara mencintai diri sendiri, tapi kenyataannya banyak orang gagal dalam menerapkannya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk dalam mereka? Yuk simak alasan nggak bisa mencintai diri sendiri.

1. Susah Membedakan Self-love dan Self-care

Tentu self-love dan self-care adalah dua hal yang berbeda. Self-love lebih pada cara yang kamu lalukan secara natural untuk memperlakukan dirimu dengan baik agar bahagia tanpa kamu catat. Sedangkan self-care adalah caramu memanjakan diri seperti perawatan atau traveling.

2. Beranggapan Self-love Adalah Hal Egois

Dalam praktiknya, self-love yang kamu lakukan mendapatkan tanggapan yang kurang baik dari orang sekitarmu. Sebab kebanyakan mereka beranggapan kamu berubah dan seakan menjadi egois karena mengedepankan kebahagiaanmu.

Hal ini sering membuat kamu gagal saat mencoba self-love dengan dirimu. Karena kamu nggak mau kehilangan perhatian dari orang lain.

3. Kamu Belum Move on dari Peristiwa Lalu

Saat kamu masih sulit untuk melupakan masa lalu yang menyakitkan, sadar atau nggak hal in semakin membuat kamu sulit mencintai diri sendiri. Sehingga segala upaya untuk mencintai diri sendiri yang kamu lakukan sia-sia.

4. Merasa Dunia Nggak Berpihak Padamu

Karena banyaknya keinginanmu di dunia yang nggak terwujud hingga membuatmu kecewa, kamu beranggapan bahwa dunia itu nggak adil. Hal inilah yang membuat kamu kurang bersyukur. Padahal dunia hanya menguji dan melatihmu agar bisa lebih sabar. Semua keinginan yang ingin terwujud membutuhkan proses yang nggak instan.

5. Banyaknya Tekanan dalam Dirimu

Perasaan marah, sakit hati, dan frustrasi yang tercipta karena dirimu yang nggak mampu memaafkan masa lalu menjadi penghambat. Kamu terlalu berpikir tentang hal yang belum tentu terjadi. Lama-lama kamu akan semakin sulit mencintai diri sendiri.

Sekarang kamu sudah tahu kan alsan kenapa nggak bisa self-love. Nah, sudah saatnya buat berbenah. Ingat ya, mencintai diri sendiri itu penting! Kamu butuh dan perlu bahagia. (IB30/E05)