Sebelum Tidur, Menghapus Kosmetik di Wajah Itu Perlu

Sebelum Tidur, Menghapus Kosmetik di Wajah Itu Perlu
Ilustrasi membersihkan kosmetik. (Shutterstock)

Memakai kosmetik seharian dan nggak membersihkannya sebelum tidur adalah tindakan keliru. Hal ini akan mengurangi kesehatan kulit wajah dan menimbulkan beberapa masalah kulit berikut.

Inibaru.id – Kosmetik bukanlah hal yang asing bagi milenial. Hampir setiap hari, sebagian orang menggunakan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Namun, banyak pula yang malas membersihkan kosmetik sekalipun sudah diaplikasikan dari pagi hingga malam hari.

Padahal, membersihkan kosmetik terutama sebelum tidur adalah hal yang penting, lo. Berikut lima alasan yang bisa menyadarkanmu betapa pentingnya tidur dengan wajah bersih tanpa sisa kosmetik.

Wajah Kotor

Ilustrasi polusi di wajah. (Shutterstock/Milkovasa)

Setelah seharian beraktivitas, wajahmu pasti terpapar polusi dan sinar matahari. Hal itu memungkinkan bakteri bersarang di wajahmu. Dengan membersihkan kosmetik, kamu sekaligus menyingkirkan kotoran dan bakteri yang menempel wajahmu.

Mencegah Kulit Kering

Ilustrasi kulit kering. (Maggieglow)

Laman Merdeka (4/2/2019) menulis, kosmetik dapat menutupi pori-pori dan mengurangi perkembangan sebum. Hal itu mengakibatkan kulitmu menjadi kering. Menghapus kosmetik sebelum tidur akan membuat kulitmu kembali bernapas dan lembab.

Mencegah Timbulnya Jerawat

Ilustrasi jerawat di wajah. (Bellybelly)

Pori-pori wajah dan sebum yang tertutup dapat menimbulkan jerawat, Millens. Selain itu, zat kimia dalam kosmetik juga dapat menambah kemungkinan timbulnya jerawat. Duh, nggak mau kan?

Mencegah Iritasi

Ilustrasi wajah iritasi. (Healthline)

Tidur tanpa membersihkan kosmetik dapat memicu iritasi pada wajahmu. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Meski saat ini banyak kosmetik khusus untuk pemilik kulit sensitif, kosmetik tetap saja mengandung zat kimia yang nggak bagus untuk dipakai terlalu lama, Millens.

Merawat Peremajaan Kulit

Membersihkan kosmetik sebelum tidur dapat membantu merawat peremajaan kulit wajah. (iStockphotos)

Zat kimia dalam kosmetik yang dibiarkan menempel pada wajah dalam waktu yang lama dapat menimbulkan masalah jangka panjang untuk kulit wajahmu. Muncul kerutan dan tanda penuaan dini merupakan beberapa contohnya. Dengan menghapus kosmetik sebelum tidur, kamu dapat tetap menjaga keremajaan kulitmu.

Setelah mengetahui alasan-alasan di atas, masih yakin nggak mau hapus kosmetik sebelum tidur? Lebih baik mencegah dibanding mengobati, lo. (IB10/E04)