5 Alasan Betapa Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

5 Alasan Betapa Pentingnya Mencintai Diri Sendiri
Mencintai diri sendiri. (Hillberg and Berk)

Kalau bukan kamu yang mencintai dirimu sendiri, lalu seiapa lagi? Yap, kalimat itu memang klise tapi ada beragam alasan mengapa kamu perlu mencintai dirimu sendiri. Berikut beberapa di antaranya.

Inibaru.id – "Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini." Kamu pasti sudah familiar dengan kalimat itu, kan? Yap, setiap manusia dilahirkan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semua keadaan itu perlu diterima dengan baik.

Nah, mencintai diri sendiri merupakan salah satu bentuk syukur dan menerima keadaan diri sendiri. Eits, tapi mencintai diri sendiri itu bukan hal yang egois lo, Millens. Mencintai diri sendiri penting untuk dilakukan setiap orang. Paling tidak, lima alasan di bawah ini bisa menguatkan keputusanmu untuk mencintai diri sendiri.

Kamu yang Menjalani Hidup, Bukan Orang Lain

Setiap orang yang hidup di muka bumi ini, tentunya memiliki cerita kehidupannya masing-masing, pun dirimu. Semua menjalani kisahnya sendiri sehingga kamulah yang lebih mengetahui dan menjalaninya. Kamu juga yang berhak menentukan jalan hidupmu. Namun, ini bukan berarti kamu antipati dengan saran orang lain, ya. Saran itu perlu tapi disesuaikan dengan kebutuhanmu saja.

Membuatmu Selalu Bahagia

Saat kamu bisa mencintai diri sendiri, hidup akn terasa lebih ringan karena kamu bisa menerima semuanya dengan lapang dada. Hal inilah yang membuatmu merasa bahagia.

Lebih Percaya Diri

Yap, percaya diri! Ketika kamu mencintai diri sendiri artinya kamu telah menerima apapun keadaanmu sekarang. Hal ini bisa membuatmu lebih termotivasi dan merasa nyaman. Percaya diri tentunya sangat membantumu dalam urusan pekerjaan, pertemanan, hingga percintaan.

Mendapatkan Cinta yang Tulus

Mencintai diri sendiri adalah menjadi diri sendiri. Nggak ada kepalsuan atau sifat berpura-pura. Semua yang ada padamu adalah kamu yang sebenarnya. Nah, orang yang menjadi dirinya sendiri biasanya lebih menarik hati lawan jenis karena orang itu akan lebih menonjol dengan ketulusannya melakukan sesuatu.

Mampu Memperbaiki Diri dengan Tepat

Mencintai diri sendiri bukan berarti kamu nggak bisa mengubah apa yang kurang darimu. Saat mencintai diri sendiri, kamu lebih mengenal kelebihan dan kekuranganmu. Nah, kamu bisa memperbaiki kekuranganmu itu seiring dengan pengalaman hidup yang ditemui.

Itulah beberapa alasan mengapa mencintai diri sendiri sangat penting untuk dilakukan. Selamat mencintai diri sendiri, Millens! (IB07/E04)