5 Aktivitas Sederhana ini Bisa Kurangi Kecanduan Gawai

5 Aktivitas Sederhana ini Bisa Kurangi Kecanduan Gawai
Kecanduan gawai bisa membuat berdampak pada pola hubungan sosial dan kesehatan (Thinkstocksphoto/MYELLA)

Penggunaan gadet atau gawai nggak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari. Berkomunikasi, mencari hiburan hingga melakukan pekerjaan semuanya bisa dikerjakan melalui gawai. Situasi ini membuat penggunanya mengalami kecanduan. Tapi nggak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar nggak lagi kecanduan gawai.

Inibaru.id - Semakin ke sini, desain gawai semakin praktis dan canggih. Nggak heran jika hanya dengan ponsel pun kamu bisa memenuhi kebutuhan berkomunikasi, mencari hiburan, dan bekerja. Masalahnya, durasi penggunaan gawai yang terlalu intens, bisa membuatmu kecanduan olehnya.

Banyak di antara mereka yang akhirnya "menderita" jika nggak memegang gawai. Kamu juga mungkin pernah membaca berita tentang orang-orang yang akhirnya harus dirawat di rumah sakit jiwa lantaran kecanduan gawai kan? Hi serem banget ya.

Nah, berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi risiko kecanduan gawai. Apa saja?

1. Tonton film kesukaan

Daripada sibuk bermain ponsel dan habiskan waktu scrolling timeline akun gosip via ponsel, kamu bisa coba alihkan perhatianmu dengan menonton film kesukaanmu. Efeknya sama dengan bermain gawai, yaitu menghibur.

2. Membaca buku

Cobalah membaca buku-buku yang ringan seperti novel atau komik. Meski terdengar membosankan, cara ini bisa kamu coba untuk melepaskan diri dari gawaimu.

3. Menulis

Kalau kamu terbiasa sambat di sosmed, nggak ada salahnya kalau kamu menuangkan keluh kesahmu dalam bentuk tulisan. Selain jadi kegiatan yang produktif, menulis juga bisa bikin perhatianmu terfokus untuk menyelesaikan tulisanmu dibandingkan bermain gawai.

4. Olahraga

Nggak ada salahnya kamu keluar rumah dan olahraga bersama teman sekomplekmu. Jangan hanya kompak saat mabar saja ya, Millens. Olahraga akan membuatmu meninggalkan gawaimu di rumah dan sejenak melupakannya.

5. Istirahat

Bermain gawai terlalu lama juga berdampak pada kesehatanmu. Menatap layar gawai bisa menyebabkan mata kering. Scrolling timeline dan twitwar juga bisa membuat tanganmu keram. Daripada tubuhmu tersiksa, mending istirahat saja.

Beberapa kiat di atas bisa kamu coba untuk mengurangi kecanduanmu dengan gawai. Tapi hal tersebut akan sia-sia jika kamu nggak konsisten untuk mengurangu kadar candu gawaimu sendiri. Selamat mencoba! (IB27/E05)