BerandaHits
Minggu, 27 Nov 2022 19:30

4 Trik Mengoreksi Masakan Keasinan

4 Trik Mengoreksi Masakan Keasinan

Masakan yang terlalu asin jangan langsung dibuang ya. (Freepik/Senivpetro via Kompas)

Masakan keasinan jangan dibuang. Kamu bisa mengoreksinya dengan empat trik berikut ini!

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, memasak bukanlah hal yang mudah. Jika nggak memperhatikan takaran, masakan bisa saja hambar atau justru keasinan karena kebanyakan garam. Hasilnya, makanan menjadi terlalu asin sehingga nggak layak disajikan.

Eits, jika masakanmu keasinan, jangan langsung membuangnya ya. Kamu tetap bisa kok mengoreksi rasanya. Ada beberapa cara yang dibagikan pebisnis sekaligus ahli kuliner Martha Stewart melansir Kompas (27/11). Apa saja?

Tambahkan bahan berasa asam

Jangan khawatir, cara ini nggak bakal mengurangi tingkat natrium dari hidangan kok. Justru dengan menambahkan bahan asam, seperti jus lemon, cuka, atau bahkan produk tomat, rasa asin masakan dapat dinetralkan.

Caranya mudah kok. Ambil sejumput atau perasan kandungan asam ini dan aduk rata agar tercampur. Jangan lupa cicipi sebelum menambahkan lagi sampai hasilnya pas.

Nah, biar rasa masakan nggak nabrak sana-sini, cobalah untuk memilih elemen asam yang pas dengan profil rasa hidangan kita.

Kalau kamu ragu, pilih asam dengan rasa netral seperti cuka beras atau cuka anggur putih yang cocok dengan berbagai hidangan yang berbeda.

Tambahkan Pemanis

Gula pasir bisa ditambahkan untuk rasa yang lebih netral. (Boldsky via Tempo)
Gula pasir bisa ditambahkan untuk rasa yang lebih netral. (Boldsky via Tempo)

Mungkin kamu sudah tahu, salah satu cara untuk mengatasi masakan keasinan adalah dengan menambahkan rasa manis. Gunakan gula merah atau sirop maple untuk menciptakan rasa karamel yang khas pada hidangan. Gula pasir juga bisa kamu gunakan untuk rasa manis yang lebih netral.

Tambahkan susu

Ternyata produk seperti susu krim bakal melapisi mulut sehingga dapat menipu langit-langit mulut. Kalau masakanmu keasinan, kamu bisa memberikan krim kental atau sedikit mentega. Tambahkan krim asam atau kenop keju krim di akhir dan matikan kompor biar nggak pecah.

Encerkan atau perbanyak porsinya

Trik lain yang dapat dipakai untuk sup yang terlalu asin adalah mengencerkan kuahnya dengan menambahkan air sebelum mendidih. Kamu juga bisa menambah porsinya dengan lebih banyak sayuran, pasta, atau daging untuk mengurangi asin.

Cara terakhir ini sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang mengurangi natrium untuk diet. Kalau kamu suka pakai cara yang mana, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved