4 Resep Jitu untuk Merawat Persahabatan dengan Mereka yang Beda Iman

4 Resep Jitu untuk Merawat Persahabatan dengan Mereka yang Beda Iman
Perbedaan iman bukanlah penghambat hubungan persahabatan. (Shutterfly)

Siapa bilang kalau sahabatan dengan orang yang berbeda agama itu jauh dari kata langgeng? Hmm, kalau kamu mampu menerapkan tips-tips berikut, dijamin deh hubungan persahabatanmu akan harmonis. Nggak percaya?

Inibaru.id – Memang sudah seharusnya berteman nggak pandang agama. Kamu punya hak untuk menjalin persahabatan dengan mereka yang berbeda keyakinan.Nah, biar hubunganmu dengan mereka langgeng, simak yuk tips berikut ini.

Hormati Hak dan Kewajiban yang Wajib Ditaati Sahabatmu

Meskipun sering bersama, bukan berarti apa yang kamu lakukan dan makan dengan sahabatmu harus sama. Kamu harus memahami setiap larangan yang diyakini oleh agama sahabatmu, begitu juga dia yang harus mengerti aturan dalam agamamu. Bukan untuk berdebat atau mencari pembenaran atas keyakinan masing-masing, tapi untuk menjaga keharmonisan persahabatan.

Kualitas bukan Kuantitas

Yap, persahabatan yang sehat itu nggak ditandai dengan seberapa sering kongkow bareng teman. Yang paling penting adalah kenyamanan. Hargailah temanmu dengan mendengarkan keluh kesahnya.

Hindari Topik Sensitif

Topik soal agama sebaiknya nggak terlalu sering dibahas. Biarkan dia dengan agamanya dan kamu dengan agamamu. Hindari juga menyampaikan pembenaran tentang agamamu. Pada dasarnya semua agama diciptakan untuk kedamaian di dunia ini. Betul nggak?

Utamakan Keterbukaan

Nah, yang satu ini bener banget! Kamu memang harus terbuka dengan sahabatmu. Kalau ada yang mengganjal ya utarakan saja. Jika dibiarkan mengendap terlalu lama berpotensi merapuhkan hubungan persahabatanmu. Bukankah sahabat yang hebat adalah kritikus terkejam sekaligus pencinta berat bagi seseorang? Jadi, jalani semuanya dengan penuh keterbukaan, ya! He-he.

Kuncinya satu kok, perlakukan mereka seperti kamu pengin diperlakukan. (IB23/E05)