4 Orang Indonesia yang Masuk Dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia dan Bisnisnya

4 Orang Indonesia yang Masuk Dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia dan Bisnisnya
Hartono bersaudara. (Tagar.id)

Empat orang ini bukan cuma berpredikat terkaya di Indonesia tapi juga di dunia. Tiga di antaranya bos rokok. Siapa saja mereka?

Inibaru.id – Bloomberg Billionairre Index baru saja merilis nama empat orang Indonesia yang termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Keempatnya tentu konglomerat RI yang bertahan di kursi orang terkaya Tanah Air selama bertahun-tahun.

Tiga dari keempatnya diketahui berasal dari industri rokok terbesar di Indonesia. Sementara seorang lagi merupakan pengusaha sukses industri tekstil dan petrokimia. Siapa saja?

Budi Hartono

Budi Hartono. (Republika)
Budi Hartono. (Republika)

Budi Hartono atau Robert Budi Hartono merupakan adik dari Michael Bambang Hartono. Keduanya diketahui telah menduduki kursi orang terkaya di Indonesia nomor 1 dan 2 selama 12 tahun. Budi tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar USD 12,7 miliar atau sekitar Rp 190,2 triliun.

Dengan kekayaannya, Budi menduduki puncak daftar orang terkaya di Indonesia dan urutan ke-139 orang terkaya di dunia versi Bloomberg. Budi juga diketahui membangun kantor e-commerce agar dapat mengikuti bisnis online yang terus meningkat.

Michael Hartono

Michael Hartono. (Grid.id)
Michael Hartono. (Grid.id)

Sementara sang kakak, Michael Hartono menduduki posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia dan nomor 150 di dunia. Kekayaannya mencapai USD 11,8 miliar atau sekitar Rp 176,7 triliun. Baik Budi maupun Michael dikenal sebagai Hartono bersaudara, pemilik PT Djarum  Group yang menggarap banyak lini usaha.

Selain itu, Hartono bersaudara juga memegang saham terbesar, menciptakan produk Polytron, serta merambah ke bisnis properti dan perkebunan. Keduanya diketahui mengakuisisi berbagai ritel online seperti Kaskus, Infokost, Blibli, Bolabob, Mindtalk, dailySocial, Kincir, dan Opini. Hartono bersaudara juga memiliki investasi di start up game Razer di Singapura. Wah!

Tan Siok Tjien

Tan Siok Tjien. (Detik finance)
Tan Siok Tjien. (Detik finance)

Perempuan ini merupakan istri dari pendiri PT Gudang Garam Tbk, mendiang Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjoyo. Menariknya, Tan merupakan satu-satunya perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar 500 orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaire Index.

Kekayaan Tan mencapai USD 2,91 miliar atau sekitar Rp 88,56 triliun. Dengan itu, dirinya menduduki posisi orang terkaya ke-3 di Indonesia dan ke-359 di dunia. Kini Tan berperan sebagai pengendali PT Gudang Garam Tbk.

Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia. (Tempo)
Sri Prakash Lohia. (Tempo)

Pengusaha berdarah India ini merupakan pemilik perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation. Dengan kekayaan mencapai USD 5,5 miliar atau sekitar RP 82,4 triliun, dia dapat menduduki posisi ke-4 orang terkaya di Indonesia. Sementara di dunia, dirinya menempati posisi ke 401.

Melihat keempatnya, mana nih yang jadi panutanmu untuk terus bekerja keras, Millens? (Det/IB27/E05)