4 Langkah Jitu Agar Aglonema Cepat Beranak

4 Langkah Jitu Agar Aglonema Cepat Beranak
Tips supaya aglonema cepat beranak. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Siapa yang nggak pengin tanaman aglonema kesayangnnya tumbuh dan beranak pinak? Berikut ini adalah tips ampuh agar aglonema cepat beranak.

Inibaru.id – bagi pencinta tanaman hias, tentu nggak hanya ingin tanamannya sehat tapi juga beranak-pinak. Nggak terkecuali para pencinta tanaman hias jenis aglonema. Mungkin kamu juga salah satu kolektor aglonema yang sedang berpikir cara untuk memperbanyak aglonemamu.

Secara generatif, tanaman jenis talas-talasan ini berkembang biak melalui biji. Namun kini banyak teknik seperti setek, kultur jaringan, atau pemisahan anak digunakan para kolektor untuk memperbanyak tanaman yang satu ini.

4 Cara Memperbanyak Aglonema

Nah berikut ini adalah teknik yang dapat kamu gunakan agar aglonema kesayanganmu cepat beranak!

Mengganti Media Tanam

Ganti media tanam berupa sekam dan tanah. (Experience life)
Ganti media tanam berupa sekam dan tanah. (Experience life)

Jika media tanam lamamu menggunakan campuran kotoran hewan, segera ganti dengan yang baru ya. Hal ini karena kotoran hewan dapat menyebabkan panas pada tanaman. Penggantian ini bertujuan untuk mengurangi panas pada tanaman serta nggak menghambat pertumbuhan tunas atau anak aglonema.

Komposisi media tanamnya yaitu berupa sekam lapuk dengan tanah dengan perbandingan 3:1. Selain membuat sendiri, kamu juga bisa mendapatkan campuran sekam dengan tanah ini di toko tanaman, Millens!

Pindah ke Tempat Teduh

Pindah ke tempat yang teduh seperi greenhouse. (Oberlin college)
Pindah ke tempat yang teduh seperi greenhouse. (Oberlin college)

Pada dasarnya, tanaman yang dikenal juga degan sri rejeki ini tumbuh di hutan tropis dengan penyinaran rendah serta kelembapan tinggi. Untuk itu pindahkan aglonema ke tempat yang lebih teduh atau nggak terkena matahari secara langsung.

Hal ini akan mengurangi stres pada tanaman dan membuat kondisinya semakin sehat. Jika kamu menempatkan aglonema di tempat yang tepat, jangan kaget ya kalau tunasnya cepat tumbuh!

Berhenti Pakai Pupuk Kimia

Jangan pakai pupuk kimia. (iStockphoto)
Jangan pakai pupuk kimia. (iStockphoto)

Pemakaian pupuk memang terlihat ide yang bagus, namun nggak bagi aglonema. Jika kamu terbiasa memberikan pupuk kimia berupa pupuk daun, pupuk perangsang akar atau pupuk kimia lainnya, segera hentikan kebiasaan tersebut ya. Biarkan aglonema berpuasa dari pupuk kimia hingga tunasnya benar-benar muncul.

Siram dengan Benar

Siram pada batang bagian bawah. (Better homes and gardens)
Siram pada batang bagian bawah. (Better homes and gardens)

Kamu nggak bisa sembarangan menyiram tanaman dengan motif daun yang beragam ini. Fokuskan penyiraman di sekitar batang aglonema. Hal ini akan membuat batang bagian bawah tetap segar dan merangsang pertumbuhan anakan baru.

Anakan pada aglonema ini akan tumbuh di samping batang indukannya. Kamu dapat memisahkan anakan aglonema jika sudah memiliki minimal tiga daun. Memotong anakan aglonema yang terlalu kecil nggak dianjurkan karena dapat merusak kualitas tanaman.

Hingga kini aglonema terus dicari karena harganya masih tinggi. Kamu mau mencoba tips di atas untuk memperbanyak anakan aglonema di atas nggak, Millens? (Kom/IB27/E05)