4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berbuka Puasa

Disadari atau nggak, empat kesalahan sepele ini sering dilakukan saat berpuasa. Kira-kira apa saja, ya?

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berbuka Puasa
Nikmati kebersamaan buka puasamu dengan menyantap hidangan secukupnya. (Pixabay)

Inibaru.id – Nggak terasa ya, puasa sudah seminggu. Masih semangatkah, Millens? Atau jangan-jangan udah ada yang bolong? Hayoo, ngaku! Ha-ha. Oya, ngomong-ngomong soal puasa nih, ternyata ada lo empat hal sepele yang sering dilakukan tanpa sadar.

Makan Terlalu Banyak

Emang sih, nahan lapar selama 12 jam itu nyiksa banget. Tapi, bukan berarti kamu bisa balas dendam dengan makan banyak di waktu buka ya, Millens! Jangan berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. He-he.

Makan Terlalu Cepat

Buka puasa itu ditandai dengan azan Maghrib, sedangkan waktu Maghrib menuju Isya termasuk singkat. Biasaya, orang-orang cenderung ngebut makan saat berbuka karena nggak mau kehabisan waktu sholat Maghrib. Hmmm, bagus sih, tapi lebih bagus lagi kalau semua itu disiasati dengan seimbang.

Maksudnya, batalin dulu puasanya dengan takjil seperlunya, kemudian sholat dan baru lanjut makan berat. Jadi, sama-sama enak deh! Sholatnya bisa fokus dan makannya pun jadi tenang, he-he.

Kurang Asupan Sayur dan Buah

Meskipun banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur, namun masih ada juga lo yang nggak doyan. Nah, yang kayak begini yang harus dapat perhatian khusus. Soalnya, kandungan dalam sayur dan buah itu diperlukan banget sama tubuh. Serat, vitamin, dan kandungan lain dapat menyegarkan kembali kondisi tubuh setelah berpuasa.

Jadi, biar tubuh tetap fit, jangan lupa makan sayur dan buah ya, Millens! Apalagi di saat puasa kayak gini, he-he.

Makan Makanan Berminyak

Aneka gule, rendang, dan berbagai makanan berlemak memang menggoda sih, ya. Apalagi kalau lagi puasa dan sudah laper banget. Eittss, tapi tunggu dulu! Jangan asal makan lo, Millens! Meski enak dan mengenyangkan, mengonsumsi makanan berlemak saat buka puasa dengan berlebihan bukanlah hal yang baik.

Nggak hanya itu, makan gorengan dan sambal dengan porsi berlebih juga bukan hal yang dianjurkan lo, ya! Jadi, kurang-kurangi deh menu berminyak untuk buka puasamu!

Semangat puasa ya, Millens! (IB23/E05)