4 Jenis Kaktus Mini yang Cocok untuk Rumah Kamu

4 Jenis Kaktus Mini yang Cocok untuk Rumah Kamu
Jenis kaktus mini untuk tanaman hias rumah bervariasi. (Flickr/ Quinn Dombrowski)

Kalau ingin menanam tanaman hias, bisa kok mencoba menanam kaktus mini. Nah, berikut adalah jenis kaktus mini yang cocok dan bisa memperindah tampilan rumah kamu, Millens.

Inibaru.id – kaktus kini nggak hanya dikenal sebagai tanaman gurun yang betah terpapar sinar matahari, melainkan juga jadi tanaman hias yang cantik. Jenis kaktus yang dijadikan tanaman biasanya adalah kaktus mini. Nah, biar kamu tepat memilih, berikut adalah sejumlah jenis kaktus mini yang cocok untuk rumah kamu.

1.       Kaktus Bintang

Kaktus bintang. (Flickr/

Skolnik Co)
Kaktus bintang. (Flickr/ Skolnik Co)

Kaktus bintang juga dikenal dengan sebutan astrophytum. Meski bentuknya nggak benar-benar seperti bintang, garis-garis pada kaktus dengan bentuk bundar ini memang terlihat layaknya bintang. Sebutan lain dari kaktus ini adalah sand dollar cactus serta sea urchin cactus.

Salah satu kelebihan dari kaktus ini adalah bentuknya yang sangat indah dan nggak berduri. Selain itu, kaktus ini juga nggak benar-benar memerlukan sinar matahari dalam jumlah banyak. Otomatis, kamu bisa menempatkannya di dalam rumah.

Soal air, kamu juga nggak perlu sering-sering menyiram kaktus bintang. Cukup semprot air biasa ke kaktus ini seminggu sekali, kaktus ini sudah bisa tumbuh dengan baik.

2.       Kaktus Dagu

Kaktus dagu. (Flickr/

Dr. Hans-Günter Wagner)
Kaktus dagu. (Flickr/ Dr. Hans-Günter Wagner)

Kaktus dagu memiliki nama asli gymnocalycium mihanovichii var friedrichii. Layaknya kaktus bintang, kaktus ini juga nggak banyak berduri. Nah, kelebihan lain dari kaktus dagu adalah bisa menghasilkan bunga yang sangat cantik. Jenis warna bunga kaktus dagu adalah merah, merah muda, kuning, serta oranye.  

Hanya, kaktus ini memiliki kelemahan, yakni nggak bisa memproduksi makanan sendiri. Kalau begini, kamu harus mencangkoknya dengan jenis kaktus lain layaknya kaktus bergenus hylocereus. Selain itu, pastikan kaktus dagu mendapatkan sinar matahari yang cukup meski sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh.

3.       Kaktus Telinga Kelinci

Kaktus telinga kelinci. (Youtube/Rumah kaktus)
Kaktus telinga kelinci. (Youtube/Rumah kaktus)

Kaktus ini memiliki bentuk layaknya telinga kelinci. Hal ini membuat tanaman ini juga dikenal dengan nama bunny ears cactus. Memiliki nama asli Oputia albispina, kaktus telinga kelinci ini bisa tumbuh hingga 60-90 cm. Untuk mencapai tinggi itu, bisa bertahun-tahun lamanya karena pertumbuhannya sangatlah lambat.

Meski ada, duri di kaktus telinga kelinci cenderung pendek. Duri ini sangat tajam dan sulit dicabut jika sampai menusuk kulit kamu. Jadi, meskipun bentuknya imut, jangan sekali-kali deh iseng menyentuhnya.

Kalau sedang berbunga, bisa mengeluarkan bunga cantik dengan warna kuning atau krem dengan ukuran diameter mencapai 5 cm. Terkadang juga bisa muncul buah dengan warna keunguan. Cakep banget, deh!

Kaktus ini nggak sulit dirawat. Kamu bisa menempatkannya langsung terpapar sinar matahari. Penyiramannya juga bisa dilakukan sesekali saja.

4.       Kaktus Mini Bola Emas

Kaktus mini bola emas. (Flickr/Paul Sullivan)
Kaktus mini bola emas. (Flickr/Paul Sullivan)

Kaktus mini bola emas dikenal dengan nama lain golden barrel cactus atau nama latin echinocatus. Kaktus ini cukup populer karena sering dijadikan tanaman hias indoor. Kalau kamu mau menanamnya, pastikan suhu udara di dalam ruangan cukup dingin, ya?

Dari keempat jenis kaktus mini di atas, mana yang paling kamu suka, Millens? (Cnn/IB09/E05)