4 Gangguan Tidur yang Tergolong Parasomnia

Jika insomnia adalah gangguan susah tidur, maka parasomnia merupakan gangguan yang dialami seseorang setelah tertidur. Apa saja ya?

4 Gangguan Tidur yang Tergolong Parasomnia
Tindihan, salah satu tanda parasomnia (gangguan tidur). (Unsplash)

Inibaru.id – Jangan dikira setelah jatuh tertidur kamu bakal lepas dari gangguan tidur. Ada beberapa gangguan tidur atau parasomnia yang sering dialami seseorang.

Mimpi Buruk

Ada berbagai hal yang menyebabkan kamu mengalami mimpi buruk. Bisa karena terlalu stres, makan sebelum tidur, trauma akut, dan efek samping obat-obatan. Biasanya nih, orang yang mengalami mimpi buruk akan terbangun dengan tiba-tiba karena nggak tenang. Nah, untuk menghindarinya, usahakan untuk menghindari hal-hal yang dapat memicunya dan pastikan juga kamu rileks! Oya, jangan lupa berdoa juga! He-he.

Tindihan

Tindihan atau yang dalam konteks ilmiah disebut sleep paralysis ini adalah sebuah kondisi di mana kamu sebenarnya sudah sadar (bangun), tapi tubuhmu kaku dan nggak bisa digerakkan. Kalau istilah mistisnya sih kondisi tersebut disebabkan oleh sesosok makhluk halus yang tengah menindihi tubuhmu. Hi

But, terlepas dari itu semua, tindihan jelas bisa mempengaruhi kualitas tidurmu. Nah, biar kamu bisa meminimalisasinya, coba untuk lebih disiplin menentukan jadwal tidur dan upayakan jam tidurmu cukup. Sebab, jadwal tidur yang nggak menentu dan over thinking terhadap sesuatu juga bisa memicu tindihan padamu.

Mengigau

Yap, mengigau atau ngelindur adalah sebuah kondisi di mana kamu tiba-tiba bicara dalam kondisi tertidur. Kadang, saat seseorang mengigau, kata yang keluar dari mulutnya cenderung sulit dipahami. Namun ada juga yang ngomong layaknya orang yang tengah terjaga.

Kondisi ini sebenarnya nggak bahaya kok, Millens! Hanya saja, hal tersebut mampu membuat orang yang ada di dekatmu kaget. Ha-ha.

Tidur sambil Berjalan

Kondisi yang lebih dikenal dengan istilah sleepwalking ini adalah gangguan perilaku seseorang saat tertidur. Gangguan ini cukup kompleks karena bisa membuatmu melakukan hal-hal yang membahayakan di luar kendali. Lazimnya, orang yang mengalami hal ini akan lebih susah untuk dibangunkan lo, Millens!

Satu lagi, orang yang mengalami sleepwalking cenderung lupa dengan segala tindakannya saat mengalami hal tersebut karena semuanya dilakukan di luar kesadaran. Duh, serem juga ya! Tetep waspada aja lah, karena gangguan ini bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Jadi, tanda apa yang pernah kamu alami? He-he. (IB23/E05)