4 Fakta Unik di Balik Permainan Hula Hoop

4 Fakta Unik di Balik Permainan Hula Hoop
Permainan hula hoop yang melegenda. (unsplash.com)

Di balik permainan hula hoop yang seru dan menyehatkan, ternyata ada fakta-fakta unik yang menyertainya, lo! Penasaran?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak tahu hula hoop? Selain digunakan untuk bermain, alat berbentuk cincin besar ini sering dijadikan alat bantu olah raga, khususnya untuk treatment untuk membentuk pinggul dan perut. Nah, berikut ini fakta unik hula hoop yang patut kamu ketahui!

1. Asal-usul nama hula hoop

Permainan hula hoop yang sudah ada sejak dulu. (thebuttonmonger.com)

Sebutan awal untuk hula hoop adalah hooping. Saat para pelaut Inggris berkelana ke Hawai, mereka melihat tarian Hula dengan gerakan yang mirip pada saat hooping. Nah, dari situlah orang-orang menyebut permainan tersebut dengan istilah hula hoop. Baru pada tahun 1950-an, nama hula hoop dipatenkan dan dipasarkan besar-besaran sebagai oleh Whom-O.

2. Terbuat dari Berbagai Bahan

Hula hoop rotan sering dijumpai di Indonesia. (putihshop.com)

Oya, ternyata hula hoop nggak hanya terbuat dari plastik atau rotan saja lo, Millens! Pada masa Yunani Kuno, hula hoop dibuat dari lempengan logam. Bahkan, ada juga hula hoop yang dibuat dari bambu, kayu, dan berbagai jenis tanaman merambat.

3. Alat Bantu Membakar Kalori dan Membentuk Pinggul

Hula hoop membuat kegiatan olahraga menyenangkan. (titiknol.co.id)

Hula hoop juga bisa menjadi alat bantu aktivitas kardio. Soalnya, memainkan hula hoop ini dengan rutin dapat membantu mengurangi lingkar pinggang hingga 5 cm. Wow! Fix, kalau begini kudu sering main hula hoop biar body goals tercapai ya, Millens! Ha-ha.

4. Hula Hoop juga Digunakan untuk Pertunjukkan Seni

Hula hoop juga bisa dijadikan sarana untuk mengekspresikan diri saat unjuk rasa dan kegiatan seni lainnya. (harnas.co)

Berbagai pertunjukkan seni juga banyak yang memanfaatkan hula hoop. Sebut saja parade seni tari, seni pantomim, bahkan seni sulap sering menggunakan hula hoop ini sebagai media pertunjukannya. Bahkan di Amerika Utara, beberapa suku mengenal pertunjukan Native American Hoop Dance. Tarian yang dibawakan oleh satu orang dengan gerakan semi pantomim ini sering menggunakan alat yang berbentuk sama dengan hula hoop. Karena itu, nama tariannya adalah Native American Hoop.

Menarik, nggak Millens? Eh, kamu jago nggak main hula hoop? Ha ha (IB23/E05)