3 Waktu yang Tepat Ganti Gorden Rumah!

3 Waktu yang Tepat Ganti Gorden Rumah!
Jangan tunggu robek untuk ganti gorden ya. (Shutterstock/Sukiyaki via Kompas)

Selain menghalau cahaya berlebih, gorden juga berfungsi untuk menambah estetika ruangan. Biasanya orang baru kepikiran untuk mengganti gorden ketika kain sudah robek. Lalu, kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti gorden?

Inibaru.id - Apakah di rumahmu terdapat berbagai macam gorden? Kalau iya, berarti kamu perlu rutin mengganti gorden yang menjadi penghalang sinar matahari itu ya.

Eits, selain untuk menghalau cahaya, gorden juga bisa meningkatkan tampilan estetika rumah. Seiring berjalannya waktu, gorden yang kamu pasang bakal terlihat lusuh dan kotor. Ini menjadi tanda jika kamu perlu segera menggantinya.

Mengganti gorden nggak bisa sembarangan, lo. Ada waktu yang tepat untuk melakukannya. Mau tahu kapan saatnya mengganti gorden dengan yang baru?

Saat pergantian musim

Pernah kepikiran nggak untuk mengganti gorden mengikuti musim? Hal ini cukup masuk akal mengingat saat musim hujan tiba, udara sekitar cenderung dingin. Nah, kamu dapat menggunakan gorden yang terbuat dari kain yang lebih tebal seperti beludru atau poliester. Dua bahan ini sangat efektif untuk mencegah masuknya udara dingin serta cahaya dan suara. Untuk musim kemarau, kamu bisa beralih ke opsi yang lebih ringan dan lebih lapang.

Saat gorden sudah terlihat kuno

Piih gorden warna netral biar lebih bisa lintas tren. (Mydecorative.com via Popmama)
Piih gorden warna netral biar lebih bisa lintas tren. (Mydecorative.com via Popmama)

Jika kamu melihat gorden mulai tampak kuno dan nggak cocok untuk interior rumah, ganti saja. Biar nantinya lebih awet dengan tren zaman, jatuhkan pilihan pada warna-warna netral. 

Nggak cocok dengan ruangan

Setelah merenovasi rumah, biasanya bakal ada beberapa perubahan yang muncul, termasuk perubahan interior rumah. Kalau kamu tetap mempertahankan gorden lama, tampilan rumahmu bakal sia-sia. Selain itu, nilai estetikanya juga bakal berkurang.

Karena itu, kamu perlu memilih gorden baru dan menyesuaikannya dengan dekroasi ruangan. Misalnya rumah bergaya klasik cocok menggunakan gorden berwarna biru tua atau cokelat.

Intinya, kamu perlu mempertimbangkan gorden dengan dekorasi ruanganmu. Meski begitu, semua juga tergantung kondisi finansialmu sekarang ini ya. Kamu nggak perlu memaksakan diri untuk segera menggantinya jika memang di luar anggaran. Tapi, kalau memang ada, nggak ada salahnya lo dilakukan!

Itu dia waktu terbaik mengganti gorden di rumah yang bisa kamu coba. Sekarang, lihat deh gorden rumahmu, apa ini waktu yang tepat untuk menggantinya? Mumpung belum Lebaran, Millens. (Para/IB21/E07)