3 Manfaat Nggak Terduga Rangkaian Suara ASMR

Rangkaian "musik" yang konstan seperti ASMR dipercaya memberi sensasi menenangkan untuk otak. Kamu juga bakal lebih pulas tidur, lo.

3 Manfaat Nggak Terduga Rangkaian Suara ASMR
Mendengarkan bunyi ASMR ternyata bagus untuk relaksasi pikiran. (Okezone)

Inibaru.id – Video berkonsep ASMR (Autonomous Sensory Meridian Respons) sedang digandrungi. ASMR merupakan serangkaian bunyi yang dianggap menenangkan. Bunyi-bunyian tersebut lazimnya berasal dari gerakan berulang-ulang seperti memukul benda tertentu dengan konstan, menggesekkan pensil di kertas, suara mengunyah, memotong, suara gemercik air dan sejenisnya. Nah, meski terlihat simple, ternyata ASMR sendiri memiliki 3 manfaat yang menarik lo, Millens! Yuk simak ulasannya!

1. Mengatasi Insomnia Sekaligus Meredakan stres

Kamu yang punya "penyakit" susah tidur, bisa banget menyimak rangkaian bunyi ASMR. Efek menenangkan dari alunan musik tersebut diklaim mampu meredakan stres dan membantumu untuk tidur lebih nyenyak. Wah, bisa tuh dicoba! Siapa tahu, mendengarkannya dengan rutin bisa membuat pola tidurmu lebih teratur dan pikiranmu tenang, Millens!

2. Memberi Jeda pada Otak untuk Relaksasi

Otak yang digunakan secara terus-terusan untuk berpikir keras bisa berdampak buruk lo, Millens! Jadi, kamu harus bijak dan berani memberikan jeda untuk otakmu agar bisa sejenak beristirahat dari hal-hal yang berat. Nah, berkaitan dengan hal itu, ASMR juga dipercaya membantu pendengarnya untuk bermeditasi, relaksasi serta mengembalikan kestabilan emosional dengan pengembangan imajinasi dari alunan musik tersebut.

3. Memberi Sensasi Berbeda

ASMR sebenarnya istilah teknis yang digunakan untuk menjelaskan sensasi atau rangsangan yang diterima oleh otak dan tubuh saat mendengar lantunan "musik" konstan tersebut. Biasanya, rangsangan yang diterima pendengar bisa menimbulkan euforia tertentu dan yang pasti, sensasi positif yang menyenangkan.

Menarik ya, Millens. Bisa banget dicoba nih. (IB23/E05)