BerandaHits
Minggu, 4 Des 2022 21:55

3 Cara Jadi Orang yang Bahagia

3 Cara Jadi Orang yang Bahagia

Ada tiga hal sederhana yang bikin orang bahagia. (Unsplash via Liputan6)

Bahagia itu sederhana. Hm, anggapan ini ada benarnya lo. Paling nggak, ada tiga cara untuk menjadi orang yang lebih bahagia meski isi dompet pas-pasan.

Inibaru.id – Setiuju nggak sih kalau kebahagiaan itu nggak melulu soal materi? Kebahagiaan sangat mungkin bisa muncul dari hal-hal sederhana.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa kebiasaan yang mudah diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup sehingga bikin kita jadi lebih bahagia.

1. Sering Memberi

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Greater Good Magazine, kebahagiaan diprediksi datang dari jumlah uang yang disumbangkan.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa semakin banyak orang berdonasi, mereka semakin bahagia dari waktu ke waktu, terlepas dari pendapatan individu orang tersebut.

"Cara paling bermakna untuk sukses adalah dengan membantu orang lain untuk sukses," kata psikolog organisasi dan profesor di Wharton, Adam Grant melansir Kompas (4/12).

2. Bersabar

Hidup mungkin nggak semulus jalan tol, tapi bukan berarti kamu nggak butuh sabar. (via Sinar Islam Plus)
Hidup mungkin nggak semulus jalan tol, tapi bukan berarti kamu nggak butuh sabar. (via Sinar Islam Plus)

Percaya nggak kalau kesabaran bisa membawa kebahagiaan? Eh, ini bukan isapan jempol lo. Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang bersabar makin dekat dengan tujuan mereka.

Hal ini juga bikin mereka lebih puas saat mencapainya meskipun sangat sulit dibanding dengan orang yang kurang sabar.

Asal kamu tahu, melatih tingkat kesabaran dan memperlambat segala sesuatunya, serta memproses emosi dan menerima beragam masukan , akan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

Dua hal yang harus dimiliki untuk mencapai tujuan adalah kesabaran dan disiplin. Kedua hal inilah yang bakal membantu kita bertahan dalam mencapai tujuan tertinggi.

3. Be positive

Untuk lebih bahagia, kamu perlu mengisi pikiran dengan hal-hal positif. Untuk itu, buanglah hal negatif dari diri kita.

Coba alihkan pikiran dengan menuliskan tiga cara alternatif untuk melihat suatu situasi. Dengan membebaskan diri dari pikiran negatif, rasa menyenangkan bakal muncul. Asumsi negatif juga bakal hilang.

Melawan pikiran-pikiran yang merusak juga bisa membuat kita menjadi teman yang lebih baik. Jadi, jangan heran jika teman-teman sangat senang berada di sekitarmu. Bagaimana pun, aura seseorang yang berpikiran positif akan selalu menyenangkan.

Bahagia itu bukan suratan nasib. Ia adalah perasaan yang bisa dimunculkan. Berapa pun lembaran uang yang ada di dompetmu sekarang, nggak lantas mencerminkan kebahagiaanmu. Jadi, jangan ukur bahagia berdasarkan monimal ya, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved