27 Mei Nanti, Kemenhub Bakal Luncurkan Bus Trans Jawa

27 Mei Nanti, Kemenhub Bakal Luncurkan Bus Trans Jawa
Bus Trans Jawa. (Carmudi)

Kemenhub memastikan bakal mengoperasikan Bus Trans Jawa mulai 27 Mei mendatang. Bus ini diharapkan bisa jadi alternatif transportasi selain kereta api yang mengantarkan penumpang dari Jakarta ke Surabaya secara langsung melalui jalur Tol.

Inibaru.id – Menjelang dimulainya arus mudik Lebaran 2019, Kemenhub bakal melakukan uji coba trayek bus Jakarta-Surabaya yang melewati tol Trans Jawa pada 27 Mei mendatang. Direktur Angkutan Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad Yani menyebut ada tujuh opreator bus yang memastikan diri ikut dalam pengoperasian bus Trans Jawa tahap pertama.

“Kami pastikan launching­-nya pada 27 Mei. Kalau soal pemesanan tiket bisa dilakukan di operator bus masing-masing seperti Rosalia Indah, Sinar Jaya, Harapan Jaya, Lorena, dan lain-lain. Total sudah ada tujuh operator yang terlibat,” terang Ahmad seperti ditulis laman Kompas, Senin (20/5/2019).

Dari tujuh operator bus, 34 bus sudah terdaftar dalam trayek Jakarta-Surabaya ini. Selain itu, lima bus Damri juga ikut meramaikan persaingan.

Sebagai informasi, bus Trans Jawa ini bakal melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya tanpa sekalipun keluar dari jalan tol. Jika penumpang akan berhenti di lokasi sebelum Surabaya, mereka akan diturunkan di rest area.

“Sementara kita minta mereka turunkan penumpang di rest area dulu, nanti penumpang akan naik bus feeder dari operator bus yang mereka naiki. Jadi, contohlah ada penumpang turun di rest area Tegal, nanti akan ada yang mengangkutnya ke Tegal,” lanjut Ahmad.

Soal tarif, Ahmad memberikan kebebasan bagi setiap operator bus untuk menentukannya. Satu hal yang pasti, bus Trans Jawa bukanlah bus dengan tarif ekonomi sehingga nggak perlu diatur pemerintah. Ahmad juga cukup optimis dengan persaingan bus ini.

“Asalkan tarifnya nggak lebih mahal dari kereta, bus Trans Jawa pasti bisa bersaing,” pungkasnya.

Millens tertarik untuk mencoba bus Trans Jawa atau masih memilih transportasi umum lainnya seperti kereta, nih? (IB09/E04)