2030, Kamu Bisa Nikmati Lebaran Dua Kali Setahun! Pertanda Apa?

2030, Kamu Bisa Nikmati Lebaran Dua Kali Setahun! Pertanda Apa?
Pada 2030 nanti, Lebaran dua kali setahun, Millens. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sembilan tahun lagi alias pada 2030 nanti, kamu bakal bisa menikmati Lebaran dua kali setahun, lo. Liburnya pasti lebih banyak, kan? Kok bisa, ya?

Inibaru.id – Meski kalender Islam dan kalender Masehi memiliki banyak perbedaan, sudah lama sekali kita nggak mengalami Idulfitri alias Lebaran dua kali setahun. Nah, menurut prediksi sejumlah pihak, sepertinya pada 2030 alias sembilan tahun lagi kita akan mengalaminya.

Wah, pasti bakalan asyik ya kalau Lebaran dua kali setahun? Bagaimana nggak, kita bakal mengalami libur Lebaran sampai dua kali juga dalam setahun kalender Masehi. Ditambah dengan liburan hari-hari besar lain, kita pasti bakal bisa punya waktu banyak untuk beristirahat atau main kemana-mana, Millens.

Oya, sebenarnya sebelumnya kita juga pernah mengalami hal yang mirip, yakni Ramadan dua kali setahun, lo. Hal itu berlangsung pada 1997 lalu. Hanya, mengingat di tahun-tahun tersebut kita mengalami krisis ekonomi dan pergantian masa Orde Baru ke Reformasi, tentu saja banyak orang yang nggak ingat dengan hal ini.

Pada 1997, 1 Ramadan 1417 dimulai pada 11 Januari. Lebarannya berlangsung pada Februari. Nah, pada 31 Desember, masyarakat Indonesia sudah kembali memasuki bulan puasa kembali. Lebarannya sih pada 1998, Millens.

Nah, soal prediksi Lebaran dua kali setahun pada 2030 ini diungkap oleh Ibrahim Al Jarwan, pakar dari Federasi Ilmu Antariksa dan Astronomi Arab Saudi. Hal ini disebabkan oleh kalender Islam yang memang lebih pendek 11 hari dari kalender Masehi.

Penanggalan Islam dan Masehi berbeda sehingga membuat Lebaran bisa berlangsung dua kali setahun. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Penanggalan Islam dan Masehi berbeda sehingga membuat Lebaran bisa berlangsung dua kali setahun. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Maksudnya gini, Millens. Pada tahun ini kita merayakan Lebaran pada bulan Mei. Di tahun-tahun berikutnya, karena kalender Islam lebih pendek, maka Lebaran akan semakin awal dan berlangsung pada April, bergeser ke Maret, ke Februari, dan seterusnya.

Nah, pada 2030 nanti, Lebaran pertama akan berlangsung pada 5 Januari. Lebaran ini berlangsung di 1451 Hijriah. Nah, Lebaran berikutnya bakal berlangsung pada 26 Desember dengan tahun Islam 1452 Hijriah.

Gara-gara Lebaran dua kali pula ini, pada 2030 nanti kita bakal puasa lebih banyak dari tahun-tahun biasanya. Bagaimana nggak, kita bakal berpuasa Ramadan selama 36 hari! Pada awal tahun 2030, kita masih berpuasa dan sisa satu bulan Ramadan lain akan berlangsung pada akhir November hingga akhir Desember 2030.

Nah, apakah kalau ada Lebaran dua kali, maka THR juga bakal diberikan dua kali setahun? Wah kalau benar seperti ini, pasti bikin banyak orang senang ya. Apalagi kan memang ada aturan tentang kewajiban perusahaan atau instansi untuk memberikannya saat Hari Raya.

Kalau menurut Institute for Development of Economics and Finance (Indef), soal pemberian THR ini bisa disesuaikan dengan cashflow perusahaan. Meski begitu, pastinya nanti pemerintah bakal memberikan solusi terkait dengan hal ini, Millens.

Wah, pada 2030 bakal Lebaran dua kali setahun. Kamu sudah siap jalan-jalan kemana saja, nih? (Asu/IB09/E05)