2 Jenis Tanaman Ini Sedang Nge-Hits dan Mahal di Negara Asal Ipin Upin

2 Jenis Tanaman Ini Sedang Nge-Hits dan Mahal di Negara Asal Ipin Upin
Apa sih yang lahi ngehits di Malaysia? (Okezone)

Nggak hanya di Indonesia, demam tanaman hias ini juga tengah melanda masyarakat Malaysia. Kini tanaman berikut tengah digilai dan punya harga tinggi. Apa saja?

Inibaru.id – Nggak hanya terjadi di Indonesia, tanaman hias juga tengah digilai oleh masyarakat Malaysia. Hal ini dikarenakan oleh lockdown yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Jenis tanaman hias yang kini tengah ngetren di negeri jiran tersebut adalah kuping gajah dan keladi.

Leister Soon, seorang kolektor tanaman mengungkapkan, merawat tanaman dapat mengalihkan pikirannya dari masalah yang terjadi saat pandemi.

“Merawat tanaman berarti saya dapat mengalihkan perhatian saya, (ini) lebih baik daripada melihat jumlah kasus Covid meningkat,” ungkapnya.

Para kolektor memburu dua jenis tanaman tersebut, terutama dengan pola yang rumit. Bahkan menurut Soon, harga tanaman tersebut dulunya nggak terlalu tinggi seperti saat ini.

“Dulu relatif murah, harga melonjak tahun lalu ketika penguncian membatasi orang Malaysia di rumah mereka, dan banyak kolektor mulai memposting gambar tanaman favorit mereka di media sosial,” jelasnya.

Dulu, tanaman dengan jenis tersebut hanya dihargai 20 ringgit (Sekitar Rp 69.000). namun kini harganya bisa mencapai 6.000 ringgit (sekitar Rp 21 juta). Edan!

Kuping gajah. (Shutterstock)
Kuping gajah. (Shutterstock)

Bahkan Soon telah menghabiskan dana lebih dari 20 ribu ringgit untuk tanaman hias dalam satu tahun terakhir. Meningkatnya minat terhadap tanaman hias ini diakui meningkat oleh seorang penjual tanaman hias Daud Kasim.

“Selama penguncian, orang-orang di rumah berpikir tentang bagaimana mempercantik rumah mereka,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa permintaan tanaman hias melonjak selama pandemi, meski dirinya sudah berjualan tanaman sejak 2018 lalu.

Mudah Dirawat

Kuping gajah atau disebut dengan Anthurium crystallinum merupakan tanaman yang mudah dirawat. Bahkan tanaman dengan daun lebar berwarna hijau pekat ini dapat tumbuh dengan sendirinya di tanah yang lembab.

Keladi punya berbagai bentuk dan warna. (Perawatan dan lanskap)
Keladi punya berbagai bentuk dan warna. (Perawatan dan lanskap)

Tanaman ini disebut kuping gajah karena bentuk daunnya lebar menyerupai telinga gajah. Meskipun sebenarnya jika dilihat lebih dekat bentuknya menyerupai hati dengan lebar 15-38 cm sih. Warnanya semakin cantik dengan tulang daunnya yang berwarna putih kontras, Millens.

Sedangkan tanaman keladi merupakan kelompok tanaman yang termasuk dalam genus talas-talasan. Disebut juga Caladium, tanaman ini punya berbagai corak yang menarik dan enak dipandang.

Keladi memiliki daun yang besar. Namun bentuk daun keladi ini juga bisa digunakan untuk membedakan jenisnya. Daun yang berbentuk hati disebut dengan fancy leaf, sedangkan daun yang runcing disebut dengan lance leaf.

Corak pada daunnya pun bermacam-macam, antara lain putih, merah, dan merah jambu. Jenisnya pun bermacam-macam dengan coraknya masing-masing. Nggak akan puas deh kalau cuma punya satu jenis keladi aja. Haha!

Nah antara kuping gajah atau keladi, mana nih yang sudah kamu miliki, Millens? (CNB/IB27/E05)