2,5 Miliar Rupiah Bantuan Dari Warganet Indonesia Untuk Rohingya

Pemberangusan etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar mengundang perhatian masyarakat dunia, salah satunya adalah Indonesia. Melalui ACT, warganet Indonesia galang dana 2,5 miliar rupiah untuk Rohingnya.

2,5 Miliar Rupiah Bantuan Dari Warganet Indonesia Untuk Rohingya
Etnis Rohingya. (Foto: Fajar.co.id)

Inibaru.id - Tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar yang terjadi belakangan ini setidaknya telah menyita perhatian publik. Berbagai dukungan dan bantuan datang dari berbagai negara di belahan dunia. Tak terkecuali Indonesia.

Di Indonesia sendiri, bantuan untuk Rohingya datang dari berbagai lembaga. Salah satunya yakni bantuan dari warganet yang digagas oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT). Melalui portal program bantuan Kitabisa.com/banturohingya hingga kini ACT telah mengumpulkan kurang lebih Rp 2,5 miliar.

Baca juga: Konflik Rohingya Meruncing, Berbagai Lembaga Kemanusiaan di Indonesia Galang Donasi

ACT merupakan salah satu komunitas yang bergerak dalam bidang bantuan kemanusiaan yang ada di Indonesia. Terkait dengan tragedi keberlanjutan di Myanmar ini, pada 2012, ACT juga sudah turut berkontribusi memberikan bantuan kepada etnis Rohingya. Bahkan, sebelumnya ACT juga telah mendirikan ratusan tempat penampungan di Sittwe, Rakhine State, Myanmar.

Nah, untuk kembali memberikan bantuan pada etnis Rohingya atas tragedi yang mereka alami, seperti dilansir dari daring Antaranews, ACT telah berhasil menggalang dana sebanyak Rp 2.521.913.038. Jumlah tersebut merupakan hasil penggalangan dari 8.354 warganet Indonesia dalam gerakan yang ditujukan untuk membantu ribuan Rohingya yang terdampak kekerasan di Rakhine, Myanmar.

Baca juga: Langkah Indonesia untuk Menyudahi Konflik Myanmar

Bantuan dari dana tersebut diberikan secara bertahap kepada etnis Rohingya. Pada Jumat (1/9) lalu, bantuan tahap kedua dari Indonesia berupa paket pangan yang meliputi beras, tepung, minyak, dan air mineral telah disalurkan ke Kamp Pengungsi Rohingya, Ramu Upazila, di Cox's Bazar, Bangladesh. 

"Sebagai platform galang dana terbesar di Indonesia, Kitabisa.com memfasilitasi niat baik tiap orang untuk memberikan bantuan bagi korban krisis Rohingya," ujar Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, dalam siaran persnya. (NA/IB)