10 Misteri di Bumi yang Belum Terpecahkan Hingga Kini, Sudah Tahu?

10 Misteri di Bumi yang Belum Terpecahkan Hingga Kini, Sudah Tahu?
Banyak misteri tentang bumi yang belum terungkap. (Geek.com)

Meski berkembang pesat, pengetahuan manusia nyatanya cuma menguasai sedikit dari apa yang ada di muka bumi ini. Terbukti dengan berbagai misteri berikut ini yang hingga kini belum terjawab.

Inibaru.id – Selama 6 juta tahun manusia menghuni bumi, telah banyak perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat. Namun begitu, masih banyak pertanyaan tentang Bumi dan semesta yang belum terjawab.

Ya, pengetahuan manusia tentang bumi hanyalah 35 persen dan hanya 10 persen tentang luasnya lautan. Nggak heran masih banyak misteri tentang planet yang kita tinggali ini. Apa saja?

1. Datangnya Lautan

Kebanyakan ilmuwan percaya bahwa sekitar empat setengah milyar lalu saat bumi terbentuk masih kering dan berbatu. Keberadaan es di bumi dipercaya karena dua peristiwa yaitu: teroid es yang besar yang jatuh ke bumi serta bumi mengambil air dari awan gas dan debu yang membentuk tata surya. Untuk itu, keberadaan air di bumi masih menjadi perdebatan hingga kini.

2. Terbentuknya Oksigen

Di antara berbagai planet di tata surya, mengapa hanya bumi yang terdapat oksigen? 2,4 miliar tahun lalu, makhluk mikroskopis Cyanobacteria melepaskan oksigen sebagai produk ekskresinya hingga memenuhi atmosfer. Setelahnya, oksigen di bumi mengalami fluktuasi tajam dan akhirnya stabil sekitar 540 tahun setelahnya.

Dari mana asal air di samudera yang luas? (Pixabay)
Dari mana asal air di samudera yang luas? (Pixabay)

3. Penyebab Letusan Kambrium

Percepatan evolusi Kambrium menyebabkan pertumbuhan yang begitu pesat hingga bentuk kehidupan tersebut memiliki organ seperti otak, mata, dan kerangka. Beberapa ilmuwan berhipotesis Letusan Kambrium disebabkan oleh tingginya kadar oksigen.

Namun ada pula yang percaya bahwa faktor-faktor seperti kenaikan suhu bumi dan perkembangan lingkungan perairan dangkal juga berkontribusi pada Letusan Kambrium.

4. Datangnya bencana Alam

Meski berbagai teknologi peringatan dini bencana alam telah ditemukan, namun belum ada teknologi yang bisa memprediksi kedatangannya. Meskipun mungkin bisa, namun akurasinya kurang lebih dengan teknologi prakiraan cuaca yang kadang nggak tepat.

5. Terjadinya Lempeng Tektonik

Selain nggak bisa memprediksi datangnya gempa bumi, teknologi juga belum mampu memprediksi datangnya lempeng tektonik. Pergeseran alami lempeng tektonik memang bisa terjadi secara alamiah namun nggak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Dipercaya aktivitas tektonik dimulai sekitar tiga miliar tahun yang lalu, tetapi bagaimana bisa dimulai?

Bencana tidak bisa dipresiksi. (properti.kompas)
Bencana tidak bisa dipresiksi. (properti.kompas)

6. Isi Inti Bumi

Kamu pasti tahu bahwa bagian terdalam bumi terdiri dari batuan silikat padat. Namun bagian inti bumi masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga kini. Ilmuwan percaya bahwa inti bumi terdapat komponen utama berupa besi dan nikel.

Namun, pada tahun 1950-an, mereka menemukan bahwa elemen-elemen itu nggak cukup ringan atau padat untuk inti bumi.

7. Penyebab Punahnya Dinosaurus

Hipotesis tentang letusan gunung berapi dan hantaman asteroid dipercaya sebagai penyebab punahnya dinosaurus di bumi 65 juta tahun yang lalu. Namun  kedua skenario dapat berakibat debu dan puing-puing akan menghalangi matahari dan merusak proses yang menyokong kehidupan seperti fotosintesis.

Selain itu, suhu bumi juga akan melonjak ke tingkat yang berbahaya karena atmosfer tertutup senyawa yang mirip dengan gas rumah kaca masa kini.

8. Terbentuknya Bulan

Banyak yang percaya Bulan terbentuk dari tabrakan antara bumi yang masih terbentuk dan proto-planet yang sedikit lebih kecil. Sedangkan hasil sampel misi Apollo 11 pada 1969 mengungkapkan bahwa bulan sebenarnya terbentuk dari bagian planet bumi itu sendiri.

Teori lain mengatakan Bulan objek langit yang sebelumnya terpisah, dan tertarik oleh gravitasi ke orbit Bumi. Jadi mana yang benar?

Dari mana terbentuknya bulan? (Pixabay)
Dari mana terbentuknya bulan? (Pixabay)

9. Asal Nama Bumi

Nggak ada yang tahu pasti kapan istilah “bumi” atau earth diciptakan. Selain Bumi, earth juga punya arti tanah atau kotoran. Tapi, Bumi kerap dijadikan personifikasi sebagai sosok "Ibu" pada mitologi zaman dulu, seperti: Gaia (Yunani), Terra (Romawi), Prithvi atau Pertiwi (Hindu), Jörð (Nordik).

10. Terbentuknya Kawah Siberia

Terletak di Semenanjung Yamal dan Gyda di Siberia, Rusia, pada 2014, Kawah Siberia adalah salah satu misteri geologi paling aneh dan baru di bumi. Ada yang berteori bahwa kawah tersebut dihasilkan dari tabrakan meteor, invasi alien hingga "Gerbang Neraka".

Namun secara umum, kawah tersebut muncul dari ledakan gelembung gas metana saat permafrost di Siberia memanas.

Selain beberapa misteri di atas, kira-kira apa lagi yang membuatmu penasaran, Millens? (IDN/IB27/E05)