10 Hal yang Dialami Anak Rantau di Bulan Ramadan

10 Hal yang Dialami Anak Rantau di Bulan Ramadan
Sahur sendirian menjadi hal lumrah yang dialami anak rantau saat Ramadan. (Independent)

Ramadan tentunya bulan paling hangat untuk berkumpul bersama keluarga. Tapi lain dengan anak rantau. Sebagai anak rantau pasti tahu bagaimana kesepiannya di bulan Ramadan jauh dari keluarga. Selain itu, apa lagi ya yang mereka alami?

Inibaru.id - Bulan suci Ramadan pasti lebih seru dijalani di tengah-tengah keluarga. Terus bagaimana kondisi Ramadan kamu yang jauh dari keluarga? Meski terlihat menyedihkan, namun puasa di perantauan juga seru kok. Yuk, simak rasa nano-nano Ramadan anak rantau!

Sahur Sendirian

Dengan masak ala kadarnya, yang terpenting bagi anak rantau adalah bisa sahur. Masalah enak atau nggak bukan jadi soal. Di saat teman kos memilih berpuasa di kampung halaman, kamu harus rela jadi "penjaga kos" dan makan sahur sendirian.

Bekerja Keras

Anak rantau bakal bekerja keras demi bisa berkumpul bersama keluarga saat lebaran. Bahkan mereka rela menjalankan kegiatan tanpa keringanan di bulan Ramadan. Wah semangat sekali ya, Millens.

Bingung Menu Buka

‘Nanti buka mau masak apa beli ya?’ Itulah yang ada dipikiran anak rantau sehari-hari. Kalau mau masak bingung masak apa, terus kalau mau beli mau beli apa juga bingung. Dan saat itulah mereka bakal teringat dengan masakan ibu.

Berburu Takjil Gratis

Salah satu kebahagiaan bagi perantauan adalah makan gratis. Yups, nggak jarang anak rantau berkunjung ke masjid-masjid buat ibadah sekaligus buka bersama gratis.

Tarawih Keliling

Demi bisa mendapatkankeseruan dan kebersamaansaat di perantauan, biasanya mereka tarawih dengan cara keliling dari satu tempat ke tempat lain bersama teman-temannya. Itu pun jika ada temannya, jika tidak paling hanya tarawih dekat kosan.

Telat Bangun Sahur

Sudah berapa kali telat bangun sahur nih, Millens? Pastinya nggak terhitung ya, bahkan baru makan sesuap sudah imsak. Nggak hanya itu, pasti juga pernah bangun malah sudah pagi.

Buka Puasa Bareng

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu adalah buka bersama dengan teman biar nggak kesepian. Akhirnya buka puasa ada teman ngobrol dan nggak melulu sendirian ya.

Kangen Rumah

Momen yang paling bisa bikin nangis adalah ketika orang tua telfon dan menanyakan menu buka puasa. Bagaimana nggak nangis kalau kamu justru kangen suasana rumah dan masakan ibu.

Gabut Selepas Tarawih

Kalau di rumah setelah tarawih kamu bisa nonton TV sambil rebutan remot sama saudara. Atau ngobrol ramai-ramai bareng keluarga. Nah, kalau di perantauan mau ngapain selain mainan smarthone?

Lebaran

Menjelang lebaran anak rantau pengin beliin baju atau jajan buat orang tua dong pastinya. Semoga dilancarin ya rezekinya biar cita-citanya terkabul! Amin!

Semangat terus para anak rantau! Suka mau pun duka harus tetap disyukuri agar menjadi ibadah yang berpahala. (IB30/E05)