Asian Games 2018 Pertandingkan 10 Olahraga Baru, Berikut Daftarnya

Asian Games 2018 Pertandingkan 10 Olahraga Baru, Berikut Daftarnya
Jetski merupakan salah satu cabang olahraga baru yang bakal dipertandingkan di Asian Games 2018. (Extremeina.com)

Dari total 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018, 10 di antaranya adalah cabang olahraga baru. Berikut daftarnya.

Inibaru.id - Asian Games 2018 yang akan digelar pada Agustus mendatang bakal mempertandingkan total 40 cabang olahraga dengan 462 nomor kejuaraan, Millens. Dari 40 cabang itu, sebanyak 10 cabang di antaraya merupakan cabang olahraga yang baru dipertandingkan pada gelaran Asian Games.

Kompas.com, Rabu (18/7/2018), menulis, awalnya Indonesia hanya mengajukan 39 cabang olahraga. Namun, setelah mempertimbangkan berbagai macam hal khususnya efektivitas anggaran, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) akhirnya memutuskan untuk menggelar 40 cabang olahraga.

Berikut daftar 10 cabang olahraga (cabor) baru yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018.

  1. Rollersport

Rollersport adalah olahraga yang menekankan pada kekuatan manusian untuk menjalankan alat olahraga yang bisa menggelinding menggunakan teknik tertentu. Cabang oahraga iitu terdiri atas skateboarding dan rollerskate. Olahraga ini adalah olahraga yang paling akhir dimasukkan ke dalam daftar cabor Asian Games 2018.

Setelah Asian Games 2018, cabor rollersport rencananya juga akan diadakan pada Youth Olympic 2018 Buenos Aires Argentina dan Olimpade 2020 Tokyo, Jepang.

  1. Bridge

Olahraga yang menggunakan kartu remi ini mengandalkan kecerdasan dan kecerdikan otak. Sempat ditolak sebagai cabang olahraga baru Asian Games, cabang ini akhirnya diloloskan Komite Olahraga Asia  (OCA) pada 11 Oktober 2016.

  1. Basketball 3x3

Berbeda dengan cabang bola basket pada umumnya yang membutuhkan 5 orang dalam satu tim, basketball 3x3 hanya memakai 3 pemain setiap timnya. Waktu pertandingannya juga lebih singkat daripada pertandingan bola basket pada umumnya.

  1. Jetski

Jetski merupakan olahraga yang sudah cukup familiar di masyarakat. Namun, olahraga itu baru dimasukkan pada Asian Games tahun ini. Berdasarkan rencana, cabang olahraga air tersebut akan diadakan di Pantai Ancol, Jakarta pada 23-26 Agustus 2018.

  1. Pencak Silat

Pencak silat merupakan cabang olahraga baru yang diajukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018. Olahraga ini diajukan Indonesia lantaran pencak silat termasuk olahraga andalan untuk mendulang emas.

  1. Jiu Jitsu

Jiu jitsu adalah olahraga bela diri yang terfokus pada pertarungan di lantai. Olahraga itu kali pertama diperkenalkan di Brasil. Kali ini, Indonesia mengirim 11 atlet untuk cabor Jiu jitsu.

  1. Sambo

Olahraga bela diri dari Rusia ini mirip dengan gulat. Arti dari olahraga ini adalah bela diri tanpa senjata.

  1. Kurash

Kurash adalah olahraga bela diri yang berasal dari Uzbekistan. Seni bela diri ini diklaim sebagai yang paling tua di seluruh dunia.

  1. Paralayang

Paralayang merupakan salah satu cabang olahraga baru yang dipertandingkan pada Asian Games 2018. Olahraga yang memakai parasut ini akan diadakan di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor.

  1. Panjat Tebing

Panjat tebing juga termasuk cabor baru Asian Games 2018. Olahraga ini akan diadakan di Sport Climbing Arena, Jakabaring Sport City, Palembang. Nggak tanggung-tanggung, Indonesia menargetkan dua emas dari cabor ini yakni nomor speed putra dan putri.

Selain 10 cabor tersebut, Asian Games 2018 juga mempertandingkan 30 cabor lainnya seperti olahraga air, atletik, panahan, bulu tangkis, bola basket, bowling, tinju, voli, tenis, dan sepak bola.

Semoga dari olahraga-olahraga itu Indonesia bisa menggondol sejumlah emas dan meraih peringkat 10 besar sesuai target dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ya, Millens. (IB09/E04)