Buah Gowok: From Healthy to Beauty

Pernah dengar nama buah gowok, Millens? Jika banyak Sobat Millens yang belum tahu, lekas catat informasi berikut ini, ya! Sebab, buah gowok punya banyak manfaat penting bagi tubuh kita.

Buah Gowok: From Healthy to Beauty
Buah gowok. (alamendah.org)

Inibaru – Termasuk dalam famili Myrtaceae, buah gowok (Syzygium polycephalum) memiliki bentuk buah yang bulat dan sedikit gepeng. Ukuran yang kecil dengan warna kulit gelap keunguan bikin buah ini layaknya perpaduan rupa buah anggur dan rasa daging buah manggis.

Kamu yang masih asing dengan nama gowok, mungkin pernah mendengar nama aliasnya seperti beunyeur dalam bahasa Sunda, atau kepa dalam bahasa Betawi.

Digolongkan sebagai produk lokal, buah gowok tetap berani unjuk gigi dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya serta berkhasiat menangkal bermacam penyakit. Yuk, kita ulik kegunaannya!

Obat Diare

Penyakit pertama yang bisa ditaklukkan buah gowok adalah diare. Jelas, karena kandungan vitamin dan mineral dalam buah gowok memang proaktif mengatasi penyakit tersebut.

Ramuan buah gowok untuk diare dapat dibuat dengan mengupas kulit batang buah gowok sebanyak 15 gram dan cucilah. Setelah bersih, rebus kulit batang tersebut dan saring. Siap deh dikonsumsi sebagai penyembuh diare.

Obat Kencing Manis

Jika ada tetangga atau saudara Sobat Millens yang mentok nggak tahu obat ampuh untuk atasi kencing manis, bisa banget lo beralih ke metode herbal dengan buah gowok. Sebab senyawa dalam buah ini bisa menurunkan kadar gula darah yang jadi pemicu kencing manis.

Mengatasi Kulit Gatal dan Kudis

Nggak cuma bagian buahnya, daun buah gowok juga berkhasiat, lo. Cukup dihaluskan bersama buahnya, lalu balurkan pada kulit. Maka, kulit kalian bakal terhindar dari gatal-gatal, kudis, maupun peradangan.

Pereda Mabuk Alkohol

Buah gowok juga dapat menetralisasi rasa mual dan muntah akibat alkohol. Caranya adalah dengan mencuci buah gowok matang dan tumbuk halus buahnya. Setelah halus, lalu peras hingga sari dan ampas buah terpisah. Sari buah inilah yang bisa langsung dikonsumsi sebagai pereda mabuk beserta mualnya.

Mencegah Timbulnya Jerawat

Buat gadis-gadis remaja yang khas dengan dilema jerawat, boleh juga mengonsumsi buah gowok sebagai alternatif pencegahan. Kandungan zat antiradang dalam buah gowok ampuh banget mencegah jerawat sekaligus bikin jerawat yang kadung nonjol cepat mengempis.

Penawar Racun

Sobat Millens yang doyan jajan sembarangan, hati-hati lo dengan zat racun yang mungkin terkandung dalam jajanan abal-abal tersebut. Tapi jangan cemas, karena buah gowok bisa jadi tameng kita. Ya, kita bisa mengonsumsi buah gowok untuk mengusir racun yang nggak sengaja masuk dalam tubuh kita dengan cara mentralkannya. Bungkus deh, hehehe....

Solusi Masalah Pencernaan

Dari masalah susah buang air besar hingga penyakit mag, buah gowok bisa jadi teman ramah yang dapat diandalkan. Pasalnya daging buah gowok mampu membantu kerja sistem pencernaan sekaligus mengurangi tingkat keasaman lambung yang memicu mag. Ciamik!

Banyak kan khasiat buah gowok? Sangat recommended untuk Sobat Millens yang vegetarian maupun yang lebih suka dengan pengobatan herbal. Pokoknya, dua jempol deh! (YFH/SA)