Sehat dan Cantik dengan Daun Salam

Daun rempah yang seorang chef nggak bakal kelabakan bila kelupaan saat memasak ini ternyata memiliki khasiat seabrek, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Itulah daun salam yang jadi flora identitas Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sehat dan Cantik dengan Daun Salam
Daun salam (khasiat.co.id)

Inibaru.id – Kamu, ibu kamu, atau siapa pun yang demen memasak pasti akrab dengan daun ini. Manfaat utamanya dalam masakan adalah mengharumkan. Ya, daun yang pohonnya dijadikan flora identitas Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, ini bernama salam (Syzygium polyanthum).

Tentu saja khasiat daun ini nggak sekadar sebagai rempah pengharum masakan. Ada banyak khasiat lainnya, baik untuk mengobati penyakit tertentu maupun untuk mempercantik diri. Mau tahu?

Dikutip dari laman manfaat.co.id,  daun salam mengandung senyawa, vitamin, dan mineral yang menawarkan berbagai manfaat. Oya, kamu tahu, tanaman ini juga banyak dipercayai orang-orang Yunani dan Romawi pada zaman old sebagai lambang kebijaksanaan, kedamaian, dan perlindungan.

Nah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan, seperti berikut.

1. Pengobatan Diabetes

Daun salam telah terbukti efektif untuk mengobati diabetes tipe 2 yaitu menurunkan glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida. Untuk hasil yang maksimal, daun salam bubuk dapat dikonsumsi selama 30 hari. Antioksidan pada daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin yang efisien sehingga bagus untuk penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin.

Baca juga:
Senarai Flora Identitas Daerah di Jawa Tengah: Pohon Salam, Maskot Bumi Sukowati
Senarai Fauna Identitas Daerah di Jawa Tengah: Burung Branjangan, Maskot Sragen yang Kicauannya Digandrungi

2. Memengaruhi Kardiovaskuler

Senyawa yang berharga seperti rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien yang kuat dalam daun salam dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke. Flavanoid  membantu menormalkan darah pada penderita hipertensi. 10 lembar daun salam dicuci bersih, kemudian direbus dengan tiga gelas air. Minum selagi hangat satu kali dalam sehari.

3. Meredakan Rasa Sakit

Minyak yang diekstrak dari daun salam mengandung sifat anti-inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis, rematik serta nyeri. Minyak daun salam dapat membantu meringankan migrain dan sakit kepala. Daun salam juga akan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Pencegahan Kanker

Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol, dan catechin yang memiliki sifat perlindungan dan memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun salam juga salam mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.

5. Pengobatan Batuk

Daun salam yang efektif memerangi gejala pilek, flu dan infeksi. Dalam kasus gangguan pernafasan, rebus air dan tambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam. Biarkan menguap selama 10 menit. Rendam kain dalam air ini dan letakkan di dada untuk meringankan flu, pilek, dan batuk.

6. Pengusir Serangga

Daun salam adalah obat nyamuk alami yang dengan kandungan asam laurat. Hidangan dari daun salam akan mengusir serangga. Minyak dari ekstrak daun salam yang dioleskan akan mengurangi sengatan dan gigitan serangga.

7. Pengobatan Gangguan Ginjal

Daun salam akan membantu mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Resep pengobatan ini hanya dengan mendidihkan 5 gram daun salam dan 200 ml air sampai 50 ml air. Saring dan minum ramuan ini dua kali sehari, untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

8. Pengobatan Asam Urat

Kandungan zat purin pada tubuh dapat bertumpuk dan menyebabkan gejala asam urat. Kita dapat mengambil manfaat daun salam untuk mengurangi asam urat. Caranya, ambil sekitar 10 lembar daun salam dan kemudian cuci bersih. Rebus dengan 10 gelas air, sampai sisa air tinggal 5 gelas. Minum rebusan ini dua kali sehari.

Seperti sudah disebutkan, selain untuk kesehatan, daun salam juga bermanfaat untuk kecantikan, sebagai berikut.

1. Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Air bilasan yang terbuat dari daun salam, efektif dalam mengobati ketombe. Daun salam dianggap sebagai obat yang bagus untuk rambut rontok. Minyak daun salam berguna sebagai tonik untuk rambut yang efektif memerangi ketombe dan rambut rontok.

2. Menyingkirkan Kutu Rambut

Untuk menyingkirkan kutu rambut, rebus sekitar 50 gram daun salam dengan 400 ml air sampai 100 ml air. Saring air untuk menerapkan ramuan ini pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan, untuk menyingkirkan kutu kepala secara efektif.

3. Meredakan Kulit Stres

Daun salam akan membantu mengatasi kulit stres, sehingga mencegah terjadinya kulit keriput. Caranya: didihkan 5 daun salam kering dengan 2 gelas air dengan wadah tertutup. Kemudian buka tutupnya dan biarkan mendidih sekitar 2 menit. Sekarang tuangkan minuman ke dalam mangkuk besar dan menutupi kepala Anda dengan handuk, menghirup uap ini.

Baca juga:
Batuk atau Gangguan Menstruasi? Makan Kawista Deh!
Parijoto Memang Bermanfaat Banget

Nah, dari daun yang kayaknya nggak akan bikin para juru masak kelabakan kalau nggak ada ketika memasak itu ternyata memiliki khasiat seabrek. Mumpung nggak sulit mencari daun itu kamu bisa mengambil khasiatnya. Kalau kamu sehat-bugar tanpa penyakit yang disebut di atas, kamu bisa menjadikan daun salam sebagai sarana kecantikan yang mudah diperoleh dan murah harganya. (EBC/SA)