Di Balik Kepahitan Bunga Pepaya

Pernah memakan olahan bunga pepaya? Tahukah kamu, di balik rasanya yang pahit bunga itu memiliki banyak khasiat?

Di Balik Kepahitan Bunga Pepaya
bunga pepaya (manfaatsehat.id)

Inibaru.id - Ada yang jomblo atau habis putus cinta? Kalau iya, mungkin kamu bakalan menghidari makanan yang rasanya pahit seperti bunga pepaya. Maksud hati biar makin nggak merasakan pahitnya kehidupan gitu. Hehehe… sori, it’s jus a joke!

Tapi yang ini bukan banyolan: di balik kepahitan bunga pepaya, ada banyak manfaat yang menyehatkan tubuhmu. Apa saja itu?

Melansir dari manfaat.co.id, berbagai kandungan gizi bisa kamu temukan dalam bunga pepaya. Memang sih rasanya pahit banget. Tapi yakin deh, kalau sudah mendapatkan manfaat dari bunganya yang pahit, kamu bakal melupakan rasa pahitnya. Berikut ini beberapa manfaat bunga pepaya.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan dalam bunga pepaya seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan baik. Dengan lancarnya sistem pencernaan maka penyerapan gizi juga akan berjalan optimal.

2. Memperbaiki Nafsu Makan

Kamu nggak memiliki selera makan? Cobalah mengkonsumsi masakan tumis bunga pepaya. Segera setelah memakannya nafsu makan yang hilang akan segera kembali.

Baca juga:
Dari Sebutir Buah Surgawi
Ciplukan, Tanaman Kaya Manfaat yang Dulu Sering Diabaikan

3. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas yang berasal dari polusi di sekitar kamu bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Untuk itu, kamu butuh antioksidan yang berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Nah, di dalam bunga pepaya terkandung senyawa flavonoid dan antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh, serta melancarkan kembali peredaran darah. Selain itu, bunga pepaya juga dapat menetralkan tekanan darah sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat senyawa flavanoid dan antioksidan yang terdapat di dalam bunga pepaya dapat berfungsi menetralkan racun dalam tubuh, termasuk zat kimia yang terkandung dalam makanan. Jika dibiarkan racun tersebut akan mengganggu aktivitas sel dan menyebabkan penyakit kanker. Flavonoid dan antioksidan juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, disarankan banget memasukkan bunga pepaya dalam menu harian untuk mencegah penyakit kanker.

6. Mengobati Diabetes

Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin di dalam tubuh sebagai penyebab utama seorang mengalami diabetes. Meski belum ada penelitian yang secara ilmiah menunjukkan bahwa bunga pepaya memang bisa menyembuhkan diabetes. Banyak orang mengonsumsi bunga pepaya untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuhnya.

7. Menurunkan Berat Badan

Bunga pepaya seperti manfaat buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, B dan C yang cukup, walaupun nggak sebanyak pada buahnya. Bunga pepaya memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

8. Menurunkan Kolesterol

Bunga pepaya juga terbukti kaya akan folat dan antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Jadi jika kamu merasakan gejala kolesterol, cobalah mengkonsumsi bunga pepaya agar kadar kolesterol dapat kembali normal.

9. Mencegah Penyakit Stroke

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bunga pepaya dapat melancarkan peredaran darah. Tentu hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh dan mencegah munculnya penyakit stroke, yang terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di otak.

Baca juga:
Sehat dan Cantik dengan Daun Salam
Batuk atau Gangguan Menstruasi? Makan Kawista Deh!

10. Mencegah Serangan Jantung

Bunga pepaya juga dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung secara alamiah. Ini karena dalam bunga pepaya terkandung senyawa alkaloid carpein yang dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, bungan pepaya juga mengandung sejumlah zat yang bisa melancarkan peredaran darah menjaga jantung agar berfungsi dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa khasiat dari bunga pepaya yang pahit. Selain 10 khasiat itu, bunga pepaya juga bisa membantu meredakan nyeri haid, mencegah jerawat, mengobati sakit magh, mencegah sembelit, mencegah demam berdarah, membantu kesehatan tulang dan sebagainya.

So, masihkah kamu enggan untuk menyantap menu olahan bunga pepaya? Pahit sedikit, tapi kamu dapat manfaat banyak. (ALE/SA)