Kesemek: Antara Santapan dan Obat

Kesemek bisa jadi buah meja, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Pasalnya, kandungan nutrisinya banyak dan dibutuhkan tubuh kita.

Kesemek: Antara Santapan dan Obat
Menikmati kesemek. (saung-ayam-hias-bogor.blogspot.com)

Inibaru.id – Begitu banyak manfaat buah kesemek (Diospyros kaki). Kandungan nutrisinya sangat berkhasiat untuk tubuh, bahkan setara dengan kandungan nutrisi apel.

Buah kesemek juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan seratnya dua kali lebih banyak ketimbang buah apel. Selain rasanya yang manis, buah kesemek kaya akan manfaat. Manfaat mengonsumsi buah kesemek dapat dirasakan oleh tubuh.

Ya, seperti ditulis jurnalbumi.com, kesemek memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Buah ini kaya dengan serat, mineral, dan vitamin. Kandungan serat buah kesemek jauh lebih tinggi dibanding buah apel. Dalam setiap 100 gram kesemek terdapat 3,6 gram serat, sedangkan dalam apel hanya 2,4 gram. Kandungan karbohidrat dalam kesemek mencapai 19 gram. Karbohidrat tersebut terdiri dari 3,6 gram serat dan sekitar 13 gram gula.

Vitamin utama yang terdapat dalam buah kesemek antara lain vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan vitamin A dalam satu buah kesemek bisa mencukupi 32% kebutuhan harian manusia. Sedangkan vitamin C-nya bisa mencukupi 14% kebutuhan harian.

Baca juga:
Kesemek: Jadi “Genit” agar Tak Sepat
Kesemek: Antara Santapan dan Obat

Mineral penting yang menonjol dalam buah kesemek adalah potasium. Potasium merupakan salah satu sumber kalium penting dalam buah-buahan. Fungsinya untuk pemeliharaan jaringan otot dan saraf.

Manfaat bagi Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol darah

Buah kesemek memilki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Mengkonsumsi kesemek diketahui dapat menurunkan kandungan LDL (kolesterol jahat) yang ada pada darah. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Zat tanin yang terdapat dalam kesemek juga diketahui mempunyai pengaruh positif bagi kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Kesemek kaya dengan vitamin A yang berperan penting bagi kesehatan mata. Selain itu terdapat juga zeaxanthin, lutein dan lycopene yang sama-sama berfungi bagi kesehatan mata. Zat-zat tersebut diketahui membantu mencegah kebutaan akibat katarak dan penyakit mata lainnya.

3. Agen antivirus

Penelitian pada hewan percobaan menunjukan kandungan tanin yang terdapat dalam kesemek berfungsi sebagai antivirus. Tanin mengurangi kemampuan virus untuk menginfeksi sel-sel sehat. Khasiat ini bagi manusia masih perlu penelitian lanjut, namun diduga kuat buah kesemek mempunyai kemampuan sebagai agen antivirus.

Adapun manfaat kesemek secara lebih rinci dikutip dari manfaat.co.id, sebagai berikut.

1. Mencegah pembuluh darah menjadi keras.

2. Menstabilkan tekanan darah.

3. Mencegah penyakit kanker.

4. Memperlambat penuaan dini.

5. Menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap normal.

6. Menjaga kesehatan organ paru-paru.

7. Memperkuat limpa.

8. Melangsingkan tubuh bagi yang mengalami kelebihan berat badan.

9. Mencegah penyakit makula pada orang tua.

10. Meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga kebutuhan sel-sel akan oksigen dan sari-sari makanan akan terpenuhi dengan baik.

11. Menjaga kesehatan organ jantung.

12.Meningkatkan sistem imunitas tubuh.

13. Melancarkan sirkulasi darah.

14. Meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

15. Anti-tumor.

16. Mengatasi Hipertensi.

17. Mengobati Sakit Perut.

Baca juga:
Menilik Tren Kuliner Olahan Mangga
Jangan Sajikan Makanan Ini pada Teman Bule Anda

Nah, dari buah yang kurang populer itu ternyata banyak sekali manfaatnya. Tertarik membudidayakan? (EBC/SA)