Kepel: Sekepal Buahnya, Banyak Manfaatnya

Buah yang semakin langka karena kepercayaan masyarakat hanya boleh dimiliki orang keraton ini menyimpan banyak manfaat. Ia dipercaya mengatasi bau badan dan berbagai penyakit lain seperti radang ginjal.

Kepel: Sekepal Buahnya, Banyak Manfaatnya
Buah kepel. (Kabarimbo.com)

Inibaru.id –  Buah kepel (Stelechocarpus burahol) diyakini sebagai buah asli dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Putri Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menyukai buah itu, baik sebagai deodoran alami penghilang bau badan maupun karena beberapa khasiatnya. Maklum, buah ini mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap untuk tubuh. Buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk flavonoid dan polifenol.

Sebagai obat, kepel atau burahol dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit. Sebagai panduan untuk kamu, berikut manfaat dan khasiat buah kepel seperti dinukil dari laman khasiat.co.id.

Obat radang ginjal

Khasiat kepel yang pertama sebagai obat untuk meredakan radang ginjal. Organ tubuh pun juga bisa mengalami peradangan, termasuk ginjal. Makanlah buah ini secara teratur untuk membuat ginjal kamu sehat kembali.

Meringankan penyakit asam urat

Manfaat kepel yang terkenal yaitu sebagai obat yang bisa meringankan penyakit asam urat. Hal ini karena buah yang satu ini punya kandungan nutrisi lengkap yang dapat membuat asam urat kamu sedikit terobati. Tapi jangan lupa, kalau menderita asam urat, kamu tetap harus memeriksakan diri ke dokter sambil rutin memakan buah ini.

Menyehatkan saluran kemih

Khasiat kepel juga bisa menjadi makanan yang berguna untuk menyehatkan saluran kemih. Saluran kemih adalah salah satu saluran pembuangan yang punya potensi besar untuk terkena bakteri penyakit. Itulah kenapa kamu perlu mengonsumsi buah ini untuk membersihkan saluran kemihmu.

Baca juga:
Lobi-Lobi, Kecil-Kecil Banyak Khasiat
Cara Gampang Tangkal Difteri

Mengatasi bau mulut

Manfaat kepel yang segar adalah mengatasi bau mulut. Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kebiasaan makan jenis makanan tertentu.

Mencegah peradangan

Selain radang pada ginjal, khasiat kepel yang berkaitan dengan peradangan yaitu mencegah timbulnya peradangan pada bagian tubuh tertentu, seperti mulut. Konsumsilah buah ini dengan rutin untuk mencegah peradangan yang menganggu kesehatan.

Pencegah dehidrasi

Manfaat kepel untuk tubuh selanjutnya yaitu menjadi buah yang mencegah dehidrasi. Buatlah jus buah kepel agar kamu bisa terhindar dari dehidrasi.

Antioksidan

Khasiat kepel yang bermanfaat selanjutnya yaitu sebagai buah sekaligus makanan antioksidan. Buah dengan fungsi antioksidan akan membantu tubuh mencegah bahaya radikal bebas yang mengancam kesehatan badan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah kepel juga mampu membuat daya tahan tubuh kamu meningkat. Buah ini akan menambah kemampuan tubuh dalam mengusir berbagai gejala penyakit yang akan menyerang tubuh.

Sumber energi

Selain makanan utama, kamu bisa membuat buah kepel sebagai tambahan untuk sumber energi tubuh. Buah ini akan memberikan nutrisi dan gizi yang cukup agar kamu bergairah menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca juga:
Mau Lancar Haid, Cari dan Konsumsi Buah Ini
Kepel (Bukan) Deodoran Alami Milik Putri Keraton

Cocok untuk diet

Jangan sia-siakan buah kepel yang sehat ini. Tambahkanlah sebagai menu makanan sehat untuk diet yang berhasil. Jangan lupa untuk selalu olahraga dan istirahat yang cukup dibarengi dengan konsumsi buah ini.

Selain 10 manfaat dan khasiat buah kepel untuk kesehatan, laman khasiat.co.id menambahkan lima manfaat lainnya, yaitu mencegah bau badan, melembabkan kulit, menyehatkan kulit, menghaluskan rambut, dan mencegah timbulnya jerawat. (EBC/SA)