Cari dan Santaplah Kecapi, lalu Rasakan Khasiatnya

Kecil buahnya, besar dan banyak khasiatnya, itulah buah kecapi alias sentul.

Cari dan Santaplah Kecapi, lalu Rasakan Khasiatnya
Buah kecapi (viva.co.id)

Inibaru.id – Bentuk buah kecapi agak mirip buah manggis. Bedanya, manggis ungu gelap sementara kecapi kekuningan agak kecokelatan. Bentuknya yang kecil dan juga bulat memiliki ukuran biji yang besar.

Buah kecapi termasuk buah dengan rasa yang manis dengan sedikit rasa asam. Buah yang satu ini juga sering diolah menjadi selai ataupun manisan, bahkan wewangian.

Baca juga: Kecapi: Buah yang (Telah) Langka

Tapi jangan remehkan buah ini karena manfaat dan khasiatnya dahsyat. Dilansir Khasiat.co.id, berikut 15 khasiat buah kecapi yang perlu Anda simak.

1. Mengobati demam

Kalau sering demam atau anak Anda rentan akan penyakit ini, Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi kecapi. Manfaat kecapi terkenal oleh fungsinya yang bisa menjadi obat demam.

2. Obat sakit perut

Selain demam, buah kecapi juga bagus mengobati sakit perut. Makanlah buah kecapi ketika Anda merasakan sakit perut. Rasanya yang manis dan sedikit asam bisa menetralisasi rasa sakit perut Anda. Kecapi juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan Anda.

3. Penguat kaum hawa setelah melahirkan

Buah kecapi juga wajib dikonsumsi untuk para ibu yang baru saja melahirkan. Kenapa? Buah ini jadi sumber energi yang sehat untuk semua wanita setelah melahirkan, agar senantiasa sehat dan segar kembali. Ibu yang sehat akan bisa lebih produkif untuk memberikan ASI dan merawat bayinya.

4. Mengobati penyakit cacing gelang

Cacing gelang bisa masuk ke dalam perut melalui makanan terutama untuk anak-anak. Jika anak Anda atau Anda sendiri terkena penyakit ini, solusinya adalah memakan buah kecapi. Khasiat kecapi bisa dijadikan obat untuk penyakit cacing gelang.

5. Antikanker

Khasiat kecapi juga sudah terbukti secara medis bisa mencegah penyakit kanker. Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan teratur agar tubuh Anda bisa lebih terjaga dari penyakit kanker yang menjangkit tubuh. Kanker merupakan penyakit berbahaya, sehingga perlu dicegah sejak dini.

6. Menurunkan kolesterol

Yang bingung dengan momok kolesterol yang berlebihan, carilah buah kecapi dan makanlah. Buah ini disebut berkhasiat sebagai penurun kolesterol. Manfaat kecapi untuk kolesterol bisa dirasakan tidak hanya pada jantung, tapi juga organ lainnya seperti paru-paru.

7. Melancarkan pencernaan

Perut yang sakit juga bisa diakibatkan dari sistem pencernaan yang tidak berjalan dengan lancar. Sisa makanan yang Anda konsumsi bisa tersangkut di organ pencernaan. Khasiat kecapi untuk pencernaan disebabkan karena buah ini kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan Anda.

8. Menyembuhkan peradangan

Manfaat kecapi juga bisa membantu Anda untuk menyembuhkan peradangan, seperti peradangan tenggorokan. Buatlah jus dari perasan sari buah ini agar lebih mudah dikonsumsi, terutama untuk tenggorokan Anda.

9. Menghambat sel tumor kulit

Penyakit tumor banyak macamnya, termasuk tumor kulit. Tumor kulit bisa dicegah dengan memanfaatkan khasiat kecapi. Konsumsi buah ini dengan rutin bisa menghambat sel tumor kulit yang ada di tubuh Anda.

10. Obat kram perut

Masih menyangkut perut, yaitu kram. Sudah menjadi hal yang wajar jika perut bisa terasa kaku akibat dari beberapa faktor. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan manfaat kecapi sebagai obat yang berkhasiat guna meredakan kram perut.

Selain 10 khasiat kecapi di atas, ada lima manfaat lagi yang Anda dapatkan ketika mengonsumsi kecapi, yaitu mengatasi kejang, meluruhkan biang keringat, mengatasi penyakit leukimia, menguatkan tulang, dan membuang angin dalam perut.

Ya, buah kecil itu ternyata mengandung banyak manfaat. Sayang, kini tak banyak lagi orang yang menanam pohon buah tersebut. (EBC/SA)