Khasiat Dari Sebutir Buah Surgawi

Ingin sehat dan terbebas racun? Cobalah konsumsi buah tin. Sering disebut buah surgawi karena tersurat sebagai surah dalam Alquran, tin memiliki banyak manfaat.

Khasiat Dari Sebutir Buah Surgawi
Buah Tin (nasionalisme.co)

Inibaru.id - Bagi yang beragama Islam, tentu sudah nggak asing lagi dengan nama buah tin, karena namanya tercantum sebagai surah di dalam Alquran. Bahkan buah tin disebut-sebut sebagai buah yang turun dari surga. Memiliki kandungan nutrisi yang begitu tinggi, buah yang sering dibeli sekadar sebagai oleh-oleh ibadah umrah atau haji tersebut mengandung banyak manfaat, lo.

Mau tahu apa saja manfaat dari pohon dan buah tin? Berikut ini adalah manfaat dari buah tin seperti dilansir laman kelambit.com.

1. Mengatasi Hipertensi dan Jantung Koroner

Jantung koroner terjadi akibat penyempitan pembuluh darah. Menjadi penyakit yang berbahaya, kamu bisa berikhtiar dengan menangkalnya , salah satunya dengan buah tin. Pasalnya buah ini memiliki kandungan senyawa mineral alami seperti fenol, magnesium, omega 3, omega 6, dan fosfor yang berkhasiat mencegah serangan penyakit jantung koroner. Zat-zat tersebut juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Serangan Jantung

Salah satu yang dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit jantung adalah ketinggian kadar natrium dalam tubuh. Natrium ini akan menimbukan plak dan penyempitan pembuluh darah yang memberatkan kinerja jantung dalam tugasnya sebagai pendistribusi darah ke seluruh tubuh. Dari hasil penelitian di Arab Saudi, senyawa kalium yang tinggi di dalam buah tin cukup bermanfaat dalam menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Pendapat para ahli, salah satu cara untuk menekan risiko terkena serangan jantung mendadak adalah dengan mengonsumsi buah tin minimal sekali sehari.

Baca juga:
Di Balik Kepahitan Bunga Pepaya
Ciplukan, Tanaman Kaya Manfaat yang Dulu Sering Diabaikan

3. Mencegah Kanker Mematikan

Kandungan polyfeno dalam buah tin berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas penyebab kanker. Dengan konsumsi buah tin secara rutin, berbagai jenis kanker seperti kanker otak, paru-paru, darah, serviks, dan lainnya akan dapat dicegah. Selain kandungan polyfeno, serat larut yang terdapat dalam buah tin pun dipercaya dapat mencegah kanker kolon (usus besar) secara efektif.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kandungan serat larut berupa pektin sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah, kandungan serat larut cukup baik ini juga terdapat dalam buah tin. Proses penurunan kadar kolesterol dalam tubuh dengan dengan kandungan yang terdapat di dalam buah tin adalah dengan membuang semua kolesterol melalui sistem ekskresi.

5. Bagus untuk Penderita Diabetes

Meskipun manis namun kandungan fruktosa dan glukosa buah tin nggak akan menaikkan kadar gula dalam darah. Selain itu buah tin juga mengandung karbohidrat dan serat larut. Kedua kandungan inilah yang akan membuat proses penyerapan gula berlebih menjadi terhambat pada sistem pencernaan secara optimal. Bahkan, menurut beberapa ahli, buah tin cukup efektif untuk pencegahan diabetes.

6. Mencegah Keropos dan Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium pada buah tin menurut ahli gizi lebih tinggi daripada yang terdapat dalam susu. Nggak hanya pada buahnya saja, daunnya juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Memiliki manfaat sama seperti susu, kalsium di dalam buah tin dan daunnya dapat dijadikan sebagai pengganti susu, sehigga dapat mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang untuk anak-anak dan bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.

7. Meninggikan Badan secara Alami

Buah yang satu ini juga cukup berkhasiat dalam menambah tinggi badan dengan maksimal, lo. Hal ini karena buah tin mengandung berbagai mineral alami seperti fosfor, kalsium, mangan, magnesium, dan lain-lain.

8. Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Yale, buah tin mengandung senyawa tryptophan yang ternyata cukup efektif untuk memberikan rasa rileks, tenang, dan nyaman bagi pikiran. Alhasil, menghilangkan insomnia dengan buah tin adalah pilihan yang tepat.

9. Mengatasi Anemia

Buah dan daun tin memicu pembetukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi penderita anemia. Ini karena kandungan zat besi di dalam daun dan buah tin yang cukup tinggi. Zat besi inilah yang menjadi bahan utama membentuk hemoglobin darah. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

Baca juga:
Parijoto Memang Bermanfaat Banget
Purwaceng Nggak Sekadar Mitos tentang Viagra Tradisional

10. Mengatasi Sembelit

Hal ini karena buah tin mengandung serat yang bersifat laktasif. Bukan hanya membantu dalam penyembuhan sembelit kronis, tapi buah tin juga cukup baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan pencernaan tubuh.

Nah, itu beberapa manfaat dari buah tin. Selain 10 manfaat di atas, buah tin sebenarnya masih memiliki banyak khasiat lainnya. Khasiat lainnya antara lain untuk menyembuhkan wasir, mengobati bisul dan abses, mempercepat penyembuhan luka baru, mengobati sakit tenggorokan, menurunkan berat badan, merawat kesehatan kulit, mengatasi jerawat, meluruhkan batu ginjal, meningkatkan sistem imun tubuh hingga menjaga kesuburan. Wah, banyak sekali ya khasiatnya?

Selain punya banyak manfaat, buah tin juga bisa dikonsumsi siapa saja. Jadi nggak perlu ragu untuk mengonsumsinya. (ALE/SA)