Batuk atau Gangguan Menstruasi? Makan Kawista Deh!

Beraroma menyengat, buah kawista berkhasiat untuk beberapa penyakit. Kamu yang batuk-batuk atau mengalami gangguan mentruasi bisa berikhtiar dengan mengonsumsi buah bernama ilmiah Limonia acidissima ini.

Batuk atau Gangguan Menstruasi? Makan Kawista Deh!
Buah kawista (Limonia acidissima) (Wikipedia)

Inibaru.id – Kawista yang jadi maskot Kabupaten Rembang, Jawa Tengah memang kurang populer. Pemanfaatannya pun baru sebagai sirup dan dodol. Tapi sebenarnya buah bernama ilmiah Limonia acidissima ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari laman khasiat.co.id, berikut ini manfaat buah yang berasal dari India ini.

Obat batuk

Ya, kawista bagus untuk mengobati batuk. Dengan mengonsumsi buah ini, tenggorokan kamu akan disegarkan dan dibebaskan dari rasa gatal akibat batuk. Rasa manisnya yang seimbang nggak akan membuat batuk kamu semakin buruk.

Menambah energi tubuh

Kawista memberikan energi tambahan untuk meningkatkan stamina tubuh. Energi yang cukup untuk tubuh itu penting agar kamu nggak mudah kelelahan.

Baca juga:
Senarai Flora Identitas Daerah di Jawa Tengah: Kawista, Maskot Rembang yang Berpeluang Diekspor
Parijoto Memang Bermanfaat Banget

Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat kawista untuk tubuh yaitu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral yang membantu sistem imunitas kamu untuk bertahan melawan penyakit yang akan menyerang seperti demam, flu, dan batuk.

Obat diare

Kalau mengalami diare, konsumsi buah ini. Kandungan di dalam kawista akan melawan bakteri penyebab diare sehingga gejalanya bisa dihindari.

Mengatasi disentri

Sebelum kamu mencoba obat-obatan kimiawi, ada baiknya kamu mengonsumsi buah ini untuk mengobati disentri. Cara alamiah ini nggak akan membuat tubuh kamu terkena efek samping.

Mengatasi masalah menstruasi

Ada beberapa masalah haid yang sering dialami wanita seperti kram perut dan siklus menstruasi yang nggak lancar. Khasiat kawista untuk mengatasi masalah menstruasi sangatlah ampuh. Buah ini punya kandungan nutrisi alami yang mampu mengobati permasalahan itu.

Penurun panas demam

Kawista bermanfaat nutrisi untuk menurunkan panas demam. Caranya dengan merebus buah ini lalu meminum air rebusannya. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari sampai panas demam kamu berangsur-angsur turun.

Obat sakit perut

Bila perut kamu sakit seperti perih atau kram, kamu bisa memanfaatkan kawista. Kandungan di dalam buahnya bersifat menetralkan penyebab sakit perut.

Mengatasi mual

Kawista untuk kamu yang sering mabuk darat sangatlah bermanfaat. Buah ini akan mengtasi gejala mual dalam perut sehingga mabuk dan muntah bisa dihindari. Jadi, baguslah kamu mengonsumsi buah ini sebelum bepergian dengan kendaraan.

Baca juga:
Purwaceng Nggak Sekadar Mitos tentang Viagra Tradisional
Buah Gowok: From Healthy to Beauty

Menjaga kesehatan hati

Buah kawista juga bisa menjadi buah yang menjaga dan melindungi organ hati. Organ tubuh yang satu ini dapat dengan mudah terjangkit penyakit. Jadi, sangat dianjurkan kamu rutin mengonsumsi buah ini.

Nah, perlu kamu ketahui, buah ini beraroma menyengat meskipun ada wangi-wanginya. Kamu boleh nggak menyukai jenis buah beraroma seperti itu, tapi lupakan sejenak ketidaksukaanmu dengan memantapkan pikiran bahwa kamu mengongsuminya demi kesehatan. Sepakat? (EBC/SA)