Wisata Murah di Semarang, Membelah Rawa Pening hingga Langit Meredup di Jembatan Biru Sumurup

Kabupaten Semarang punya spot wisata instagrammable di Rawa Pening, namanya Jembatan Biru Sumurup. Dari jembatan ini, pemandangan danau Rawa Pening terlihat sangat jelas, ditambah suasana sejuk yang selalu menyelimuti tempat ini.

Inibaru.id - Keindahan alam yang ada di Kabupaten Semarang mungkin sulit dihitung dengan jari. Segudang potensi wisata di lokasi ini mampu membuat siapa pun terpesona. Salah satu tempat yang kamu harus kunjungi adalah Jembatan Biru Sumurup di Kelurahan Asinan, Kecamatan Bawen.

Yap, lokasinya yang diapit oleh Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga menjadikan tempat ini surganya wisatawan. Jembatan Biru Sumurup hanya berjarak sekitar 500 meter dari jalan penghubung Solo-Semarang. Lokasinya berada persis di pinggir Danau Rawa Pening.

Sebagai informasi, jembatan yang didirikan pada 2011 dan 2015 ini awalnya digunakan buat mencegah eceng gondok menumpuk di satu lokasi. Seiring berjalanya waktu, banyak wisatawan yang berswafoto di lokasi tersebut, hingga menjadi terkenal.

Suasana sejuk dan damai dari Rawa Pening menjadi lanskap di tempat ini. Kalau cuaca cerah, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan gunung Telomoyo dan Merbabu. Aktivitas nelayan yang mencari ikan juga menjadi bonus di lokawisata murah tersebut.  

Kamu nggak perlu merogoh dompet dalam-dalam untuk berkunjung ke jembatan sepanjang 200 meter ini. Cukup membayar uang retribusi parkir, maka siapa pun boleh bersantai dan mengabadikan gambar di sini.

Cat warna-warni menjadikan jembatan itu sebagai spot berswafoto nan instagrammable. Selain itu, wisatawan juga bisa naik perahu kecil dan mengelilingi Rawa Pening.

Sore hari biasanya menjadi waktu terfavorit bagi mereka yang berkunjung kesini. Eits, tapi jangan lupa terapkan protokol kesehatan yang tepat ya kalau mau berwisata! (Triawanda Tirta Aditya/E03)