Surga Kecil di Tengah-Tengah Puadai Padi di Magelang: Svargabumi

Surga, entah seperti apa bentuknya. Namun, banyak gambaran 'surga' di dunia yang tersebar di banyak tempat, salah satunya mungkin surga kecil di tengah puadai padi di Magelang ini. Berlokasi nggak lebih dari 1 kilometer dari Candi Borobudur, mereka menyebutnya Svargabumi.

Inibaru.id - Banyak orang berpikir, pembangunan infrastruktur dan tempat wisata adalah ancaman bagi lahan pertanian atau area persawahan. Namun, nggak selalu begitu. Sebagian orang menjadikan sifat alami perdesaan sebagai bagian dari lokawisata modern, salah satunya di Svargabumi. 

Berlokasi nggak lebih dari satu kilometer dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Svargabumi menjadikan area persawahan sebagai tempat wisata dengan deretan tempat duduk nyaman yang dilengkapi atap-atap berbentuk payung.

Berada di tempat ini membuat saya nggak pengin cepat beranjak. Aroma padi menjelang panen betul-betul membius saya. Di atas tempat tidur gantung, lalu dininabobo angin yang berembus pelan, benar-benar membuat saya pengin ada di tempat ini selamanya. Beginikah surga? Ha-ha.

Di tempat yang belakangan menghiasi medsos bertema wisata di Indonesia ini, kamu memang bisa bersantai seperti saya. Ada sofa yang digantung di atas pohon kelapa. Ada bantalnya pula. Ada kursi-kursi lain yang juga nggak kalah nyaman diduduki, err, atau, bisa juga untuk selfie!

Tempat wisata modern ini memang berdiri di tengah-tengah area persawahan, tempat puadai padi tetap terhampar. Bahkan, para petani masih melakukan aktivitas bertaninya. Jadi, padi-padi yang ditanam bukanlah semata pajangan, tapi tetap menjadi sumber penggerak ekonomi para petani.

Svargabumi memang menyewa area persawahan milik para petani untuk dijadikan tempat wisata. Namun, mereka tetap dipersilakan bertani; menyemai, menanam, dan merawat padi, untuk mereka nikmati hasilnya.

Menurut saya, ini konsep yang cukup menarik! Lokawisata ini nggak cuma menjual spot kece untuk berswafoto, tapi juga menawarkan interaksi langsung antara wisatawan dengan para petani lokal. Untuk kamu yang tertarik belajar bertani di sini, boleh banget!

Untuk saya yang tiap hari disibukkan dengan hiruk-pikuk perkotaan, Svargabumi adalah surga kecil yang saya cari. Seharian di tempat ini rasanya nggak akan cukup. Gimana menurutmu? (Triawanda Tirta Aditya/E03)