Keindahan di Kaki Gunung Lawu, Air Terjun Jumog

Gunung Lawu yang terkenal mistis ternyata punya segudang kekayaan alam yang melimpah. Salah satunya adalah Air Terjun Jumog yang terletak di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Walaupun tempat ini terpencil, tapi keindahan alamnya sangat eksotis! 

Inibaru.id - Keangkeran Gunung Lawu sudah jadi rahasia umum. Namun, di balik mitos tersebut, kaki gunung di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur itu juga menyimpan keindahan alam tersembunyi. Salah satunya Air Terjun Jumog yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jateng.

Butuh perjuangan untuk bisa sampai ke lokawisata itu. Letaknya yang berdekatan dengan komplek Wisata Tawangmangu, membuat saya harus melewati jalur berkelok di tengah hutan belantara, plus udara dingin yang menusuk tulang. 

Namun, itu semua terbayarkan sesampainya di lokasi. Cukup merogoh kantong Rp 15 ribu untuk parkir dan tiket masuk di lokawisata ini. Gemercik air dan pedagang kuliner khas Karanganyar pun ikut menyambut kedatangan saya.

Saya pun harus menyusuri sekitar 100 anak tangga untuk bisa sampai ke lokasi utama air terjun. Sama sekali nggak terasa capei, karena di sepanjang jalan selalu ditemani udara sejuk khas pegunungan. Pemandangan gerojogan air yang sangat jernih membuat saya semakin betah di sana. 

Fasilitas? Nggak perlu bingung! Tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet, tikar, pemandian air panas, dan kolam renang dan hidangan khas Karanganyar.

Sekitar 10 menit berjalan kaki, sampailah saya di pusat air terjun yang tingginya sekitar 30 meter. Nggak ada yang bisa saya katakan selain keindahan di sana.

Kalau ke Karanganyar, mampirlah ke mari, Millens. (Triawanda Tirta Aditya/E03)