Pernah Ditolak Bioskop Tanah Air, Film ‘Salawaku’ Justru Jadi Media Belajar Bahasa Pelajar Australia

Film Salawaku kembali membuktikan kualitasnya dengan menjadi salah satu film yang diputar dalam Melbourne Internasional Film Festival (MIFF) 2017 sebagai media belajar perlajar Australia. Mantab


Inibaru.id - Pernah ditolak diputar di salah satu jaringan gedung bioskop Tanah Air pada pertengahan 2015 dan kemudian berhasil diberikan kesempatan di tahun 2016 untuk tayang di bioskop Indonesia, ternyata film Salawaku ini berhasil menyabet berbagai prestasi dan penghargaan.

Salah satunya yakni masuk sebagai nominasi untuk delapan kategori di ajang FFI 2017, diantaranya, kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penata Musik Terbaik, Lagu Tema Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pembantu Wanita Terbaik, dan Pemeran Anak Terbaik. Dari delapan kategori tersebut tiga Piala Citra untuk Aktris Pendukung Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Aktor Anak Terbaik berhasil diraih.

Dan kembali pada 2017, film ini juga berhasil meraih penghargaan di IMA Award untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik.

Baca juga: Jadi Aktor Terbaik APFF 2017, Haters Reza Rahadian Kian Gigit Jari

Selain prestasi di atas, seperti dikutip dari GNFI, baru-baru ini film Salawaku juga kembali membuktikan kualitasnya. Pasalnya, film Salawaku ini menjadi salah satu film yang diputar dalam Melbourne Internasional Film Festival (MIFF) 2017 yang berlangsung dari tanggal 3-20 Agustus lalu.

MIFF ini merupakan salah satu program MIFF School yang ditujukan bagi pelajar kelas berbahasa asing. Disana, pelajar akan mempelajari bahasa asing melalui film-film yang telah disediakan. Dan film Salawaku merupakan salah satu film dari Indonesia yang dipilih oleh pihak penyelenggara untuk dijadikan media belajar bahasa bagi siswa yang datang.

Beberapa film dari negara lain yang juga diputar dalam festival ini, diantaranya film dari Prancis, Jerman, Yunani, Jepang, Mandarin dan Spanyol. Alasan penyelenggara memilih film dari negera-negara tersebut, karena bahasa negara-negara itu merupakan bahasa yang paling banyak diajarkan di Australia selain bahasa Inggris.

Baca juga: Sabet Berbagai Penghargaan Film Internasional, Irhamni Bikin Bangga Indonesia

Sebagai informasi, film Salawaku merupakan film bergenre Drama (Road Movie). Film ini disutradarai oleh Pritagita Arianegara ini menceritakan kisah perjalanan dua orang bernama Salawaku dan Saras. Keduanya, terpaut usia yang jauh dengan cara pikir yang berbeda dan kepentingan yang berbeda pula. Hingga akhirnya, dalam perjalanan tersebut, berbagai konflik-konflik mulai bermunculan.

Film yang dibintangi oleh sederet selebritis Indonesia seperti Karina Salim, Raihananun, JFlow, Shafira Umm dan Elko Kastanya dan digarap dalam rumah produksi Kamala Film Productions ini ditulis oleh Iqbal Fadly dan Titien Watimena. Selain itu, film produseri oleh Ray Zuham dan Michael Julius ini mengambil proses pengambilan gambar di kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku dan di beberapa tempat di Maluku seperti Pulau Osi, Pulau Lumoli, Pulau Piru dan Pulau Pasir. Yang tentu memiliki pemandangan darat dan laut yang luar biasa indah.

Bangga deh, dengan film Indonesia Salawaku ini! (NA/IB)