“Pengabdi Setan” Akan Melanglang ke Amerika Latin

Setelah sukses di negeri sendiri, beberapa negara bakal disambangi film “Pengabdi Setan”. Bukti popularitas film bergenre horor ini.

“Pengabdi Setan” Akan Melanglang ke Amerika Latin
"Pengabdi Setan" sudah meraih 3.028.565 penonton pada Selasa (17/10/2017). (Instagram @jokoanwar)

Inibaru.id – Film Pengabdi Setan tak habis-habis dibicarakan. Hampir semua pembicaraan itu mengungkap kesuksesan demi kesuksesan. Setelah sukses meraup tiga juta lebih penonton di Indonesia, film itu Setan akan melanglang ke negara-negara Amerika Latin, Eropa, dan beberapa negara Asia lain.

So far akan tayang d bioskop komersial di Malaysia itu 23 November. Terus Polandia dan Jepang kayaknya November juga,” kata sutradara Pengabdi Setan Joko Anwar seperti dilansir Kompas.com (21/10/2017).

“Terus negara-negara Amerika Latin. Distributornya belinya untuk region Latin America, jadi di semua negara itu punya hak nayangin,” sambungnya.

Baca juga: Kalahkan Nicole Kidman, Marsha Timothy Berjaya di Katalunya

Joko Anwar mengatakan, sistem distribusi di Indonesia dan luar negeri sangat jauh berbeda. Di sini, penayangan film di bioskop diurusi oleh produser, sedangkan di luar khusus distribusi ke jaringan bioskop itu semua urusan pihak distributor.

“Kalau luar negeri biasanya ada yang namanya sales agent. Mereka berusaha mendapatkan distribusi di negara-negara tertentu. Tentu dengan cara menjajakan misalnya di festival film. Untuk film Pengabdi Setan, itu sama,” kata Joko.

Dengan dibelinya hak distribusi Pengabdi Setan di negara-negaranya tersebut, Joko mengaku senang dan bersyukur film arahannya dapat disaksikan oleh publik luar.

“Alhamdulillah berarti selain filmnya dapat dihargai oleh penonton Indonesia, menarik pasar mancanegara juga,” ujar sutradara peraih Piala Citra ini.

Pengabdi Setan merupakan reboot dari film arahan sutradara Sisworo Gautama Putra pada 1980. Film ini mulai tayang perdana di bioskop Tanah Air pada 28 September 2017 lalu.

Dalam produksi arahan Joko Anwar, film ini dibintangi oleh Tara Basro, Dimas Aditya, Bront Palarae, Endy Arfian, Ayu Laksmi, Nasar Annuz, dan M Adhiyat. Hadir pula aktor dan aktris kawakan lainnya, yakni Arswendi Nasution, Egi Fedly, Fachri Albar, dan Asmara Abigail.

Baca juga: Indonesia Diwakili 3 Sosok Ini dalam Asia-Pacific Screen Awards 2017

Selain dibanjiri penonton di gedung-gedung bioskop, cerita kesuksesan Pengabdi Setan berlanjut dengan meraih 13 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2017 yang diumumkan pada 5 Oktober 2017 dan akan berpuncak pada malam penghargaan di Manado, Sulawesi Utara pada 11 November 2017.

Pengabdi Setan menjadi nomine untuk kategori-kategori Penata Busana Terbaik (Isabelle Patrice), Penata Rias Terbaik (Darwyn Tse), Penata Artistik Terbaik (Allan Sebastian), Penata Efek Visual Terbaik (Finalize Studio, Heru Kuntoro, Abby Eldipie), dan Penata Musik Terbaik (Aghi Narottama, Bemby Gusti, Tony Merle), Musik Tema Terbaik (The Spouse, "Kelam Malam"), Penata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa, Anhar Moha), Penyunting Gambar Terbaik (Arifin Cuunk), Penulis Skenario Terbaik (Joko Anwar), Penata Sinematografi Terbaik (Ical Tanjung), Aktor Anak Terbaik (M. Adhiyat), Sutradara Terbaik (Joko Anwar), dan Film Terbaik. (EBC/SA)