Menikmati Dunkirk, Menikmati Karya Terbaru Christopher Nolan

Jika kita membahas sutradara film kenamaan Hollywood Christopher Nolan, kita tentu akan langsung mengingat karyanya berupa trilogy The Dark Knight Batman yang disebut-sebut sebagai film-film terbaik Batman dan “Interstellar”, film science finction yang bisa membuat penontonnya sangat menikmati film berbalut ilmu pengetahuan.

Menikmati Dunkirk, Menikmati Karya Terbaru Christopher Nolan
dunkirk film terbaru dari Christopher Nolan (Foto: google)

Inibaru.id - Jika kita membahas sutradara film kenamaan Hollywood Christopher Nolan, kita tentu akan langsung mengingat karyanya berupa trilogy The Dark Knight Batman yang disebut-sebut sebagai film-film terbaik Batman dan “Interstellar”, film science finction yang bisa membuat penontonnya sangat menikmati film berbalut ilmu pengetahuan.

Tiga tahun setelah menyutradarai Interstellar, Nolan pun memperkenalkan film terbarunya yang berjudul Dunkirk. Banyak orang berkata bahwa karya terbaru Nolan yang bertema peperangan historikal sangat berbeda dari trademark nya selama ini sehingga sangat menarik untuk dinantikan.

Sebagai informasi, Dunkirk sendiri ternyata adalah kejadian nyata pada Perang Dunia II silam. Dunkirk adalah salah satu kota pelabuhan yang ada di Perancis dan menjadi salah satu tempat yang paling menderita dalam perang yang memakan jutaan korban jiwa tersebut.

Pada suatu ketika di saat perang masih berkecamuk, diadakan sebuah operasi militer yang disebut sebagai Operasi Dinamo atau Dunkirk Evacuation. Yang menjadi masalah adalah, operasi ini berubah menjadi apa yang disebut oleh Perdana Menteri Inggris pada saat itu, Winston Churchill, sebagai tragedi militer yang sangat kolosal dan paling  mengenaskan.

Bagaimana tidak, operasi yang dilakukan dengan cara mengerahkan ratusan kapal yang ditujukan untuk mengangkut tentara yang sudah dikepung pasukan Jerman ini justru akhirnya menjadi ladang pembantaian. Sekitar 350 ribu tentara aliansi akhirnya dikepung habis-habisan lewat udara oleh tentara Nazi.

Dalam waktu tiga minggu saja, 1 juta tentara aliansi akhirnya ditahan oleh pihak Jerman. Sementara itu, evakuasi Dunkirk yang berlangsung pada bulan Mei hingga Juni tahun 1940 silam ini memakan 60 ribu korban jiwa. Meskipun memakan banyak korban, kejadian ini justru menjadi tonggak perlawanan terhadap invasi Nazi di Inggris dan Eropa Daratan.

Aktor Berpengalaman

Film Dunkirk ini sendiri melibatkan cukup banyak aktor berpengalaman seperti Tom Hardy yang kita kenal sebagai Bane yang sangat fenomenal pada Trilogi The Dark Night Batman. Tak hanya itu, aktor-aktor lain seperti Mark Rylance, Kenneth Branagh, dan James D’Arcy juga dilibatkan. Yang cukup mengejutkan adalah turut sertanya Harry Styles, salah seorang pentolan boyband kenamaan One Direction pada film ini. Kehadiran Styles ini tentu sangat menarik mengingat kita biasanya mengenalnya dalam dunia tarik suara saja.

Film yang disebut-sebut memiliki budget pembuatan terbesar sepanjang sejarah ini akan mulai tayang di bioskop pada 21 Juli 2017 mendatang dengan rating PG-13. Rating ini ternyata menjadi hal yang kontroversial bagi banyak pihak karena menganggap film perang biasanya jarang diperbolehkan untuk ditonton oleh semua umur. Meskipun begitu, banyak pihak yakin jika racikan Nolan dalam Dunkirk akan membuat film perang ini menarik cukup banyak penonton dan menghasilkan keuntungan yang luar biasa. (AS/IB)