Jadi Aktor Terbaik APFF 2017, Haters Reza Rahadian Kian Gigit Jari

Sering dicibir haters, Reza kembali teguhkan prestasinya dengan menjadi aktor Indonesia perdana yang memperoleh gelar Best Actor di Asia Pacific Film Festival 2017.

Jadi Aktor Terbaik APFF 2017, Haters Reza Rahadian Kian Gigit Jari
Reza Rahadian (kiri) menerima piala Asia Pacific Film Festival 2017. (foto: indopos.com)

Inibaru.id - Sosoknya adalah jaminan mutu dilayar lebar. Film apapun yang dibintanginya selalu laris di pasaran. Ia bisa berperan dalam karakter apapun. Ia mampu menjadi siapapun. Ia adalah aktor berprestasi, Reza Rahadian.

Aktor satu ini memang begitu sering muncul di bioskop. Laman Filmindonesia.or.id mengatakan, sejauh ini sudah 42 film dibintangi sosok perfeksionis ini. Dalam setahun, pria kelahiran Bogor 30 tahun silam tersebut bisa muncul di 4-5 film.

Kendati demikian, tidak sedikit dari para haters-nya mencibir, kebanyakan dari mereka menyebutkan pemain film serial Habibi dan Ainun ini kejar setoran. Namun, anggapan itu diacuhkannya. Ia memilih tetap berakting dan membiarkan hasil karyanya yang membela dirinya.

Dengan usia yang masih sangat muda, empat piala Citra bukanlah pencapaian yang enteng. Pria bernama lengkap Reza Rahadian Matulessy itu bahkan hanya terpaut satu piala dari aktor senior Deddy Mizwar. Haters, where are you?

Prestasi Reza bahkan kini bertambah usai diganjar Best Actor pada Festival Film Asia Pasifik (Asia Pacific Film Festival/APFF) 2017 yang digelar di Pnohm Penh, Kamboja pada 28-31 Juli 2017 silam.

Gelar ini diperoleh berkat perannya sebagai Presiden Ketiga RI, BJ Habibie, dalam film rudi habibie yang rilis 2016 silam.

"Ini untuk Bangsa Indonesia, karena ini prestasi Indonesia. Ini adalah milik Bangsa Indonesia dalam arti saya mendedikasikan ini khususnya untuk masyarakat film, pecinta film Indonesia, dan aktor-aktor Indonesia," ungkap dia kepada Kompas.com (4/8).

Beritagar.id mengatakan, Reza adalah aktor Indonesia perdana yang memperoleh gelar Best Actor sejak APFF diselenggarakan kali pertama pada 1954.

Respon positif pun datang dari BJ Habibie. Bapak Teknologi Indonesia ini bahkan kabarnya berencana menggelar syukuran khusus untuk merayakan pencapaian tersebut.

Ini adalah kali kedua Habibie menyatakan kebahagiaannya kepada Reza lantaran ia nilai berhasil memerankan dirinya dengan sangat gemilang. Sebelumnya, Reza yang memerankan tokoh Habibie dalam Habibie dan Ainun (2012) juga mendapatkan pujian maksimal. Dalam film tersebut, Reza berhasil meraih Piala Citra.

Keberhasilan Reza dalam APFF 2017 ini juga mendapat tanggapan membahagiakan dari beberapa tokoh besar tanah air, di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati via akun Instagram pribadinya.

Selain Reza, Bu Ani, sapaan akrabnya, juga mengucapkan selamat bagi Tya Subiakto Satrio yang meraih hasil membanggakan di APFF 2017 sebagai Penata Musik Terbaik di film yang sama dengan Reza.

Disertai sebuah video singkat, di akun Instagram-nya, Ani menuliskan:

Saya senang sekali mendapatkan informasi tentang prestasi Indonesia dalam kancah Asia-Pacific Film Festival ke-57 yang diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja. Selamat kepada aktor Reza Rahadian yang meraih penghargaan sebagai Best Actor dan pemusik Tya Subiakto dengan penghargaan berupa Penata Musik Terbaik; keduanya diperoleh dari film Rudy Habibie. Saya ikut bangga dengan capaian-capaian dari anak-anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia. Teladan ini menginspirasi siapa saja untuk selalu mau berbuat dan berambisi mencapai reputasi dan prestasi terbaik yang dapat mengangkat nama baik dan martabat negara Indonesia yang sungguh kita cintai. Untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat - selamat sekali lagi..!

Ah, haters pasti bakal semakin gigit jari dengan pencapaian ini! (OS/IB)