Indonesia Diwakili 3 Sosok Ini dalam Asia-Pacific Screen Awards 2017

Aktris dan dua sineas perempuan Indonesia ini sukses menjadi nominee dalam ajang APSA 2017 untuk tiga kategori berbeda.

Indonesia Diwakili 3 Sosok Ini dalam Asia-Pacific Screen Awards 2017
Mouly Surya, pembesut film "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" yang menjadi nomine untuk kategori Sutradara Terbaik dalam ajang APSA 2017. (Instagram via Bintang)

Inibaru.id - Dua sineas berbakat Indonesia, Mouly Surya dan Kamila Andini, akan menjadi sosok sibuk dalam dua bulan ke depan. Semua itu lantaran film-film yang mereka sutradarai terus diikutkan dalam ajang perfilman bergengsi di berbagai belahan dunia.

Sebagaimana kita tahu, Mouly adalah penggarap film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017), sedangkan Kamila merupakan pembesut The Seen and Unseen (2017). Dua film itu hilir-mudik menghiasi berbagai festival dan kompetisi film sepanjang tahun ini.

September lalu, kedua film itu turut tampil dalam Toronto International Film Festival (TIFF) 2017. Saat ini pun keduanya masih diputar di Busan International Film Festival (BIFF) 2017.

Selain itu, Mouly dan Kamila juga dipastikan akan mengikuti ajang Asia-Pacific Screen Awards (APSA) 2017 setelah kedua film mereka masing-masing turut dinominasikan dalam dua kategori berbeda di ajang tersebut.

Adapun aktris watak Indonesia, Cut Mini Theo, akan melengkapi dua perempuan penuh talenta itu dalam ajang yang rencananya akan digelar pada 23 November mendatang ini untuk kategori yang berbeda pula. Kategori apa sajakah itu?

  1. Aktris Terbaik (Best Performance by an Actress)

Dilansir dari GNFI, nama Cut Mini turut disebut sebagai nomine untuk kategori Aktris Terbaik dalam APSA 2017 mendatang. Peran apiknya sebagai Athirah dalam film biopik Athirah (2016) sukses menyejajarkan dirinya dengan aktris kawakan Turki Ecem Uzun di ajang tersebut.

Selain Ecem Uzun, Cut Mini akan bersaing dengan Nata Murvanidze (Georgia), Na Moon-He (Korea), dan Zhou Xun (Tiongkok).

  1. Film Remaja terbaik (Best Youth Feature Film)

Film The Seen and Unseen besutan Kamila Andini turut meramaikan kategori Film Remaja Terbaik dalam ajang yang akan berlangsung di Brisbane Convention and Exhibition Centre (BECC), Australia tersebut.

Film berlatarkan budaya Bali ini akan bersanding dengan empat film lainnya, yakni The Skier (Iran), Jasper Jones (Australia), Big Big World (Turki), dan The Summer Is Gone (Tiongkok).

  1. Sutradara Terbaik (Achievement in Directing)

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang mendapatkan banyak pujian di berbagai ajang perfilman internasional sukses menempatkan Mouly Surya sebagai salah satu nomine untuk kategori sutradara terbaik pada ajang APSA 2017.

Mouly bersanding dengan empat sutradara kawakan Asia, di antaranya Hirokazu Kore-eda (The Third Murder), Ana Urushadze (Scary Mother), Andrey Zvyagintsev (Loveless), dan Sanal Kumar Sasidharan (Sexy Durga). (GIL/SA)