BoS Kembali Raih Film Animasi Terbaik Internasional, Kali Ini di NICE IFF 2017

Film animasi kebanggaan tanah air, Battle of Surabaya (BoS), kembali meraih apresiasi tertinggi di ajang perfilman internasional.

BoS Kembali Raih Film Animasi Terbaik Internasional, Kali Ini di NICE IFF 2017
Battle of Surabaya meraih kemenangan dalam the International Filmmaker Festival of World Cinema NICE 2017 (NICE IFF 2017). (Foto: msvpictures.com)

inibaru.id - Kali ini, film yang telah tayang di bioskop Indonesia beberapa tahun silam itu meraih penghargaan dalam ajang the International Filmmaker Festival of World Cinema NICE 2017 (NICE IFF 2017) sebagai the Best Animation or Sequence Animation pada Juli tahun ini.

BoS dinobatkan sebagai film animasi terbaik versi Nice di French Riviera, Nice, Prancis. Kemenangan ini melengkapi sejumlah penghargaan yang pernah diraih film animasi 2D tersebut.

Setahun sebelumnya, film yang berlatar belakang pertempuran legendaris 10 November di Surabaya ini pernah meraih Grand Prize dalam Seoul International Cartoon & Animation Festival atau Festival Film Kartun dan Animasi Internasional yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan. Festival tersebut merupakan ajang bergengsi yang mempertemukan para sineas, kartunis, dan animator dunia.

Di gala nasional, BoS juga telah diganjar berbagai penghargaan bergengsi, di antaranya dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia. BoS meraih Nominee Appreciation Film of Indonesia pada 2012 silam.

Perusahaan telekomunikasi nasional, PT Telkom Indonesia, juga pernah menobatkan BoS sebagai Indigo Fellowship pada 2012. Di tahun yang sama, Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) juga memastikan kemenangan bagi BoS untuk kategori Digital Animation.

Tak hanya filmnya yang bertabur penghargaan, trailer film produksi MSV Pictures ini juga telah meraih berbagai penghargaan, di antaranya memenangkan People's Choice Award dalam ajang International Movie Trailer Festival (IMTF) pada 2013.

BoS juga pernah dinominasikan sebagai Best Foreign Animation Trailer dalam The 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Cerita Sejarah

Karya perdana sutradara muda Aryanto Yuniawan ini memang begitu istimewa. Menampilkan tokoh dan cerita fiktif berlatar sejarah epik zaman perjuangan Indonesia, BoS memang begitu mengena di hati berbagai kalangan.

Film ini berkisah tentang petualangan tokoh Musa dan kawan-kawannya di tengah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Berbagai kejenakaan disisipkan dalam kisah yang secara keseluruhan mengharu-biru ini. Tokoh nyata dan tokoh fiktif berbaur membangun cerita yang begitu epik.

Selain film, MSV Pictures juga merilis spin-off BoS dalam bentuk film serial pendek bertajuk Battle of Surabaya (BoS) the Series. Film seri petualangan ini masih akan mengangkat karakter Musa dan teman-temannya yang dibuat dalam versi chibi. Seting waktu, suasana, dan tempat juga masih berlatarkan seputar Perang Surabaya 10 November 1945 sebagaimana dalam filmnya. (GIL/IB)